Anggota MPR RI Dossy Iskandar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Bangsal
Dossy Iskandar memaparkan materi wawasan kebangsaan kepada pelajar SMAN 1 Bangsal Mojokerto

IM.com – SMAN 1 Bangsal kedatangan tamu istimewa. Adalah Dr. H. Dossy Iskandar Prasetyo, SH.,M.Hum, anggota MPR-RI. Kedatangan Dossy yang juga anggota DPR RI memberikan materi sosialisasi Pilar Kebangsaan.

“Khusus untuk sekolah ini saya ambil topik yang paling trend, ya seputar Wasbang. Di dalamnya merupakan kristalisasi dari Pilar kebangsaan. Ada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Dossy singkat di hadapan seluruh jajaran pengurus OSIS, MPK, dan para pengurus ekstrakurikuler di ruang laboratorium SMAN 1 Bangsal, Rabu (12 Agustus 2018).

Lebih jauh Dossy, anggota DPD ini menegaskan, potensi generasi muda harus diperkuat dan dilandasi dengan Wasbang. Tujuannya tak lain adalah menyiapkan asset bangsa dari sisi SDM agar lebih kuat dan tangguh dalam memelihara dan menjaga kemerdekaan Indonesia.

“Siswa SMA adalah generasi potensial yang harus dikuatkan dalam menapaki sejarah dan falsafah hidup bangsanya. Apalagi siswa-siswa ini termasuk aktivis sekolah yang pasti memiliki nilai lebih dari aspek mental dan moral kepribadiannya,” ujar Dossy disambut yel-yel semangat siswa SMAN 1 Bangsal.


Dalam sesi tanya jawab, Dossy banyak pula menjawab pertanyaan dari beberapa siswa. Termasuk menanyakan keberadaan Saskia Gotik yang melecehkan Pancasila tetapi justru jadi Duta Pancasila. Siswa lain juga menyambung, kenapa guru yang hanya mencubit siswanya saja bisa dipenjara.

“Bangsa ini sedang berproses untuk menegakkan hukum. Tetapi di ranah pendidikan, kita sedang menyiapkan kebijakan imunitas untuk para guru,” ucap Dossy sambil bercerita masa lalunya yang sering kena jewer guru, tetapi malah orangtuanya yang memarahi dirinya. Karena dirinya dianggap kurang belajar.

Sementara itu, Suyono, S.Pd., M.M.Pd., menyatakan kebanggaannya atas kunjungan bermakna dari anggota MPR-RI tersebut. Didampingi Wakasek Humas, H. Syahrul Soni, S.Pd. dan Wakasek Kesiswaan, Dian Norma Andika, S.Pd., Suyono mengakui bila kunjungan Dossy ini untuk kali kedua di sekolahnya.

“Saya atas nama pribadi maupun sekolah hanya bisa menyampaikan terima kasih atas kepedulian MPR-RI yang dalam hal ini diwakili Pak Dossy. Hal ini sangat sejalan dengan program sekolah untuk membumikan Pancasila di sekolah. Peserta didik minimal sudah punya bahan bandingan untuk belajar bagaimana memahami potensi bangsanya,” ujar Suyono penuh semangat.

Sekedar diketahui, SMAN 1 Bangsal sudah mempersiapkan agenda untuk Pekan Pancasila. Acara yang didesain untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2018 itu, terdiri dari acara lomba-lomba bersumber Pancasila dan perenungan Pancasila. “Kita berharap bahwa peserta didik kita betul-betul memiliki wawasan kebangsaan tinggi dan memahami serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila,” pungkas Suyono serius.(usu/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here