IM.com – Perpustakaan keliling versi Kodam V Brawijaya yang diberi nama Simokos, akromim dari sarana interaksi motor komunikasi sosial diketengahkan Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815 Mojokerto di hadapan 176 siswa SDN Banjartanggul Desa Banjartanggul, Pungging, Kabupaten Mojokerto, Rabu (26/09/2018) siang

Bati Komsos Koramil 0815/11 Pungging Pelda Heri Purwanto menerangkan, Simokos merupakan sarana untuk berbagi pengetahuan, baik pengetahuan umum, wawasan kebangsaan dan pertanian maupun TNI.

Selain berisi beragam buku bacaan, Simokos juga dilengkapi Televisi LED untuk memutar film dokumenter.

“Melalui Simokos ini, kami ikut serta dalam mencerdaskan bangsa khususnya generasi muda agar gemar membaca seraya membekali wawasan kebangsaan, kedisiplinan, bela negara, serta outbond,” terangnya.

Berikutnya Serma M. Jumariyanto, Babinsa Banjartanggul membekali materi wawasan kebangsaan meliputi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu para siswa juga diajak membaca beragam buku bacaan yang tersedia dalam perpustakaan Simokos dilanjutkan materi outbond berupa bola tali.

Usai kegiatan, seorang guru bermama Jarkoni menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Koramil 0815/11 yang telah mengenalkan Simokos dan mengajarkan materi wawasan kebangsaan bagi anak didiknya.

“Semoga anak didik kami dapat menyerap materi yang diajarkan sehingga memperkuat rasa kebangsaan sehingga semakin termotivasi untuk lebih mencintai tanah air dan bangsa,” ungkapnya.

Senada dengan kepala sekolah, perwakilan siswi kelas VI Okta Lina Bunga Sintia Nugroho, juga mengungkapkan rasa senangnya dengan kehadiran Simokos di sekolahnya, dengan beragam buku bacaan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan para siswa/siswi.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan yakni di SDN II Kembangringgit yang diikuti 85 siswa dan di SDN 1 Pungging diikuti 64 siswa.

Danramil 0815/11 Pungging Kapten Arh Aris Tiyono berkomentar, Simokos merupakan salah satu sarana dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan kalangan dunia pendidikan, petani dan masyarakat, Namun untuk sementara dikonsentrasikan bagi kalangan pelajar. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here