Dua Babinsa Jetis Dampingi Petani Merawat Jagung

IM.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serma Imam Mustofa dari Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto ditugaskan mendapingi petani bernama Supriyono di Dusun Gamping saat membersihkan gulma dan rumput liar di sekitar tanaman jagungnya, Selasa (16/07/2018).

Petani kawasan Mojorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto tersebut memiliki lahan seluas satu hektar yang ditanami jagung varietas Hibrida Pioneer dengan usia tanam 38 hari. “Selain membersihkan gulma, rumput liar, memeriksa penyakit jagung juga mengontrol pipa air yang terhubung sumur bor. Alhamdulillah sawah milik Pak Supriyono tampaknya aman,” tutur petugas pendamping.

Masih di wilayah Jetis, kegiatan serupa juga dilakukan Serda Didik Hartono di lahan seluas satu hektar milik Jari, anggota Poktan Tani Makmur, Dusun Singopadu Desa Canggu dengan tanaman jagung Hibrida Pertiwi 3 yang berumur 44 hari.

Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Sasminto mengatakan, pendampingan terhadap petani para Babinsa merupakan upaya untuk mendukung meningkatkan hasil produksi pertanian, baik padi, jagung maupun kedelai agar program ketahanan pangan tercapai. Para Babinsa harus mengajak dan memotivasi para petani untuk mengolah lahan dengan baik, tepat dan benar sesuai anjuran PPL.


Melalui pendampingan ini para Babinsa bisa mengetahui kendala yang dihadapi petani agar bisa segera diatasi melalui koordinasi berssama petugas penyuluh lapangan dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here