Peringati Hari Pahlawan, Dilaksanakan Serentak di Kabupatan Kota Mojokerto

IM.com – Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi, setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima yang menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan 2018 berlangsung di halaman kantor Pemkot Mojokerto membacakan amanat Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Sabtu (10/11/2018).

Dalam sambutanm tersebut dinyatakan, bahwa setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Upacara diikuti oleh segenap pejabat sipil, militer dan tokoh masyarakat.


Upacara Peringatan serupa juga berlangsung di Pemkab Mojokerto dengan Irup Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, sedangkan perwira upacara diemban Kepala Satpol PP Suharsono, dan Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyanto sebagai komandan upacara diikuti oleh sekitar 650 orang, terdiri atas pejabat sipil, militer, kepolisian dan pemuka masyarakat.

Masih di wilayah Mojokerto, khusus untuk jajaran TNI, upacara Hari Pahlawan berlangsung di lapangan asrama Korem 082/CPYJ Jalan Gajah Mada Kota Mojokerto dengan Irup Kepala Staf Korem 082/CPYJ Letnan Kolonel Inf Moch. Sulistiono. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here