Buang Sampah Sembarang Tempat, Merepotkan Pelbagai Pihak
Koramil 0815/03 Sooko yang menggelar karya bakti bersih-bersih sampah

IM.com – Buanglah sampah sembarang tempat, bila ingin merepotkan pelbagai pihak. Kalimat ini tepat untuk menggambarkan kondisi sampah sebanyak 10 meter persegi yang dibuang sembarangan di Dusun Gambuhan Desa Modongan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto.

Melihat kondisi ini Koramil 0815/03 Sooko yang menggelar karya bakti bersih-bersih sampah Jum’at (16/11/2018). Kegiatan yang dipimpin Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto mendapat dukungan jajaran Polsek dan Pemerintahan Kecamatan dan Desa Modongan.

“Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Ke-73 dan HUT Ke-70 Kodam V/Brawijaya Tahun 2018,” terang Danramil.

Sedikitnya 75 orang yang berpartisipasi, antara lain warga Desa Modongan 40 orang, anggota Koramil 0815/03 Sooko (10), Polsek Sooko (8), staf Kecamatan Sooko (4) dan lima personil perangkat desa. “Kami memberishkan sampah yang menumpuk di pinggir Jalan Raya Desa Modongan-Desa Wringinrejo,” jelas Danramil.


Untuk membersihkan sampah sebanyak 10 meter persegi kata Danramil, menggunakan cangkul, sekop, caruk, sabit, kerangjang dan sapu lidi. Kemudian sampahnya dimuat dump truck dari Dinas Lingkungan Hidup untuk dibuang ke TPA Desa Belahan Tengah Kecamatan Mojosari.

Selain bersih-bersih sampah juga membuat pagar bambu sepanjang 20 meter di area yang selama ini digunakan sebagai tempat pembuangan sampah warga serta pemasangan tanda larangan membuang sampah sembarangan.

Tampak pula di lokasi kegiatan, Camat Sooko Masluchman, Kapolsek Sooko AKP Purnomo, Sekcam Sooko Kartono, Kades Modongan Musta’in, Kasun Gambuan, Samiadi.

Kapten Inf Hari Subiyanto berharap karya bakti peduli lingkungan dengan aksi bersih-bersih sampah ini sebagai upaya membangun kesadaran sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih, sehat, dan terbebas dari sampah. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here