Koramil 0815/05 Gedeg Bangun Jamban Keluarga untuk 14 KK

IM.com – Koramil 0815/05 Gedeg melaksanakan pembuatan jamban keluarga yang dikemas dalam Program Karya Bakti TNI “Gema Sang Juara” Semester II Tahun Anggaran 2018.

Danramil 0815/05 Gedeg Kapten Inf Mulyono, menjelaskan program jambanisasi ini merupakan peran serta sekaligus bentuk kepedulian TNI dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah binaan,” jelasnya saat di Makodim 0815 Mojokerto Senin (19/11/2018).

Mantan Kajasrem 082/CPYJ, TNI ini menambahkan melalui Satuan Komando Kewilayahan (Koramil) berupaya membantu meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu sehingga memiliki fasilitas buang air besar (BAB) bagi keluarga.

“Memang jamban ini sangat sederhana, namun paling tidak, para penerima bantuan program ini tidak lagi BAB sembarangan, paling tidak dalam keluarga tersebut mampu mewujudkan lingkungan yang sehat,” tuturnya.


Danramil juga berharap, melalui program ini mampu mengedukasi masyarakat sehingga akan berdampak positif bagi masyarakat itu sendiri untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan yang dimulai dari keluarga masing-masing.

“Sejatinya, pembuatan jamban ini sudah dilaksanakan sejak pertengahan Oktober lalu dan sudah tuntas sejak awal Nopember, yang pengerjaannya dilakukan anggota Koramil bersama warga masyarakat. Mudah-mudahan para penerima bantuan jamban ini dapat memanfaatkannya dengan baik,” pungkasnya.

Pembuatan jamban menyasar 14 KK yang tersebar di tujuh dusun/desa, yakni Desa Batankrajan, Gedeg, Pagerluyung, Beratwetan, Balongsari, Pagerjo dan Desa Kemantren.

Suparjo (51), warga RT 05 RW 02 Dusun Pagerluyung Kulon Desa Pagerluyung, salah satu penerima bantuan program jamban yang berprofesi sebagai buruh tani, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil Gedeg yang telah membuatkan jamban bagi keluarganya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here