Cegah Gulma Menyerang Padi Varietas Ciherang

IM.com – Anggota Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto melalui para Babinsa melaksanakan kegiatan pendampingan petani dan kelompok tani yang ada di wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Modongan Serka Sumardi mendampingi petani merawat tanaman padi di lahan seluas 0,8 hektar, milik Sokib, Poktan Sekar Tani, Dusun/Desa Modongan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (26/11/2018).

Di lahan yang ditanami jenis padi varietas Ciherang berumur 2,5 bulan ini, perawatan tanaman padi menyasar pembersihan gulma dan rumput liar yang tumbuh di rumpun maupun sela-sela tanaman padi.

Saat di lokasi kegiatan Serka Sumardi menuturkan, gulma atau rumput liar ini harus dibersihkan secara berkala baik secara manual, dengan menggunakan alat atau semi mekanis atau dibasmi menggunakan herbisida.


“Bila gulma dibiarkan tumbuh maka akan menghalangi dan menghambat penyerapan sinar matahari, unsur hara dan air sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman padi. Selain membersihkan gulma, juga dilakukan pengecekan hama tanaman dan penyakit sehingga dapat diantisipasi dan ditangani secara dini,” terangnya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here