Ikan Cupang Ampuh Berantas Nyamuk Demam Berdarah
Warga di Kabupaten Kediri mendapat pembagian ikan cupang secara gratis untuk mencegah dan memberantas nyamuk demam berdarah

IM.com – Banyak cara untuk mencegah dan memberantas nyamuk demam berdarah. Di Desa Sumberejo Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Babinsa Sumberejo, Serma Madianto ikut membantu membagikan ikan Cupang.

Program ikanisasi yang dikampanyekan Pemerintah Desa Sumberejo di salah satu sekolah usia dini TK Dharma Wanita dihadiri Serma Madianto. Di sekolah ini sudah mendapatkan puluhan ikan dalam kantong plastik, dan tiap kantong berisi 1 ikan cupang.

Jenis ikan cupang dianggap agresif memakan jentik-jentik nyamuk dan diyakini bakal menyelesaikan masalah berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah. Ikan Cupang dimasukan dalam bak-bak mandi.

Program ikanisasi juga menyasar ke beberapa rumah warga. Meski cara fogging massal atau pengasapan sudah dilakukan, namun kurang efektif, lantaran usai fogging, diketahui nyamuk masih terus berkembang biak.


Dwi Santosa, Kepala Desa Sumberejo,mengatakan meski sudah di fogging nyamuk masih terus berkembang biak. “Ikanisasi ini dilakukan secara menyeluruh dengan cara pembagian ikan cupang kepada seluruh warga secara gratis,” ujarnya.

Pembagian ikan tersebut dilakukan melalui Ketua RT, sesuai jumlah rumah yang ada dalam 1 RT. Ikan jenis cupang, diyakini Dwi Santosa, mampu mencegah jentik nyamuk berkembang. 

Kabupaten Kediri pada bulan ini sudah masuk kategori KLB (Kejadian Luar Biasa) dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) ini dilakukan dengan berbagai cara, dari fogging massal hingga ikanisasi, sebagaimana dilakukan di Desa Sumberejo. (penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here