Proses pengangkutan kotak dan surat suara Pemilu 2019 di KPU Kabupaten Mojokerto dengan 31 truk pada distribusi tahap pertama, Jumat siang (12/4/2019) ke PPK (kecamatan) di Dapil 1 (Mojosari, Punging, Ngoro) mendapat pengawalan ketat dari kepolisian. FOTO : martin

IM.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto, mulai mendistribusikan logistik Pemilu Leislatif dan Pilpres 2019 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Mojokerto, Jumat siang (12/4/2019).

Pendistribusian logistik tahap pertama ini terdiri dari kotak suara dan surat suara untuk untuk Pilpres, Pileg DPRD Provinsi dan Kabupaten untuk daerah pemilihan satu dan dua.

Pendistribusian logistic tahap pertama ini dberangkatkan langsung oleh Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi dari gudang KPU Kabupaten. Wabup menghimbau masyarakat ikut mengawal pendstribusian dan penyimpanan logistik pemilu ini untuk mencegah kecurangan.

“Ini adalah titik titik akhir yang lebih di waspadai. Kita kawal bersama, ini tangung jawab kita bersama,” kata Pungkasiadi, Jumat (12/4/2019). Wabup mengatakan, partisipasi segenap elemen masyarakat mengawal seluruh tahapan pemilu agar berlangsung sukses.


Pendistribusian logistik pilpres dan pileg tahap pertama diberangkatkan dari gudang gedung olah raga Dinas Pendidikan kabupaten setempat dengan menggunakan 31 armada truk.

Dengan pengawalan dari anggota kepolisian dan TNI serta Satpol PP, pendistribusian logistik pilpres dan pileg ini disaksikan komisioner KPU dan sejumlah Forkopimda yang berlangsung di depan halaman gedung olaraga Dinas Pendidikan.

“Sebagian logistik KPU tahap pertama yang didistribusikan ke PPK untuk wilayah daerah pemilihan satu dan dua ke tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Ngoro, Mojosari dan Pungging, meliputi kotak suara dan surat suara pilpres, DPRD Provinsi Jatim, DPRD Kabupaten Mojokerto,” kata Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Ayuhannafiq.

KPU menargetkan pendistribusian logistik keseluruhan sampa tingkat kelurahan (PPS) akan tuntas dalam empat hari kedepan atau H-1 pencoblosan.

Dalam Pemilu 2019 tahun ini, KPU Kabupaten Mojokerto menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 831.399 orang.  “Jumlah tersebut yang nantinya bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu, 17 April 2019. Dari data kami, jumlah pemilih yang masuk (pindah pilih, red) sebanyak 1.007 orang dan jumlah pemilih keluar sebanyak 780 orang,” jelasnya.

Kabupaten Mojokerto terdiri dari 5 Dapil. Dapil 1 yakni Ngoro, Pungging dan Mojosari. Dapil 2 yakni Trawas, Pacet, Gondang dan Jatirejo. Dapil 3 yakni Trowulan, Puri dan Sooko. Dapil 4 yakni Jetis, Dawarblandong, Kemlagi dan Gedeg. Dapil 5 yakni Mojoanyar, Bangsal, Kutorejo dan Dlanggu. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here