Hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 dari 15 kabupaten/kota di Jatim.

IM.com – Hingga Selasa pagi (7/5/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara di 15 daerah dari total 38 kota/kabupaten. Hasilnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyapu kemenangan di 14 daerah.

“Sudah 15 kabupaten/kota yang dihitung pada hari pertama dan kedua rapat pleno terbuka rekapitulasi,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Choirul Anam, kepada wartawan di lokasi rapat pleno di Hotel Singgasana Surabaya, Surabaya, Selasa (7/5/2019).

Untuk sementara Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih 4.205.621 suara (67,5 persen). Sedangkan, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 2.020.108 suara (32,5 persen).

Adapun 14 daerah yang dimenangkan Jokowi-Ma’ruf adalah Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Batu, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lumajang.


Satu-satunya daerah yang direbut pasangan nomor urut 02 hanya Kabupaten Pacitan dengan kemenangan cukup telak.  

Masih ada 23 kabupaten/kota lagi yang akan diselesaikan. Pada hari ketiga, Selasa (7/5/2019), KPU Jatim memproses rekapitulasi suara di delapan yakni, Kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Bondowoso, Ponorogo, Jember serta Banyuwangi.

Besok, Rabu (8/5/2019), giliran Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Madiun dan Magetan yang akan direkap. Pada hari terakhir, Kamis (9/5/2019), KPU akan menuntaskan penghitungan suara di kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Surabaya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here