Pohon tumbang di kawasan wisata Jolotundo, Trawas, Mojokerto, menimpa bangunan food court milik Disparpora Kabupaten Mojokerto.

IM.com – Angin kencang kembali menumbangkan sebuah pohon besar di Kabupaten Mojokerto. Sebuah pohon Gondang berdiameter 60 cm di kawasan wisata Jolotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto roboh dan menimpa gedung food court milik Disparpora setelah diterjang angin dengan kecepatan 40/50 km perjam, Senin lalu (13/8/2019).

Gedung food court di kawasan wisata Jolotundo yang dibangun dengan anggaran Rp 2,5 miliar mengalami rusak parah di bagian atap berukuran 20 x 20 meter persegi. Padahal bangunan ini belum diresmikan.

“Pohonnya nampak sudah rapuh, diterjang angin kencang mudah roboh,” kata Fatkhan (47), warga yang melihat kejadian tumbangnya pohon tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya menyebabkan kerugian material.  

Nampak bagian dalam atap bangunan dan plafon porak poranda. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto langsung membersihkan puing bangunan yang hancur.


“Kerusakannya sekitar 30 persen, pembangunannya sendiri baru selsai akhir 2018 dan hingga saat ini belum serah terima,” kata Pengelola Wanawisata Petirtaan Jolotundo, Heru Utomo.

Heru mengatakan, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Disparpora dan Perhutani untuk menindaklanjuti kejadian ini. Kerugian akibat peristiwa ini bakal menjadi tanggungan kontraktor.

“Karena bangunan ini masih dalam perawatan pemborong,” ujar Heru. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here