Jelang Pelantikan Presiden, Polda Jatim Gelar Simulasi Pengamanan
Dalmas Jajaran Polda Jatim Simulasi Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres di Mojokerto

Photographer : Martin Reinhard

IM.com – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo, Polda Jatim melakukan simulasi pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Lapangan Pacing, Kecamatan Bangsal, Mojokerto, Senin (14/10-2019).

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan digelar pada Minggu 20 Oktober 2019. Seiring pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, akan diikuti hadirnya kabinet baru dengan komposisi yang berbeda.

Sebanyak empat kompi (401 personel) pasukan Pengendalian Massa (Dalmas) dari jajaran diterjunkan dalam simulasi pengaman. Kegiatan dipimpin Dirsamapta Polda Jatim, Kombes Pol. Sugeng I.R. didampingi Kabagdalops Biroops, AKBP Aman Guntoro,S.I.K.


“Ini merupakan pembukaan kegiatan pelatihan Dalmas bagi personel Polda Jatim untuk di BKO ke Polda Metro Jaya buat pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, ” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dihubungi melalui telepon genggamnya. 

Dari jajaran Dalmas Polda Jatim dihadiri sebanyak 373 personel dari total 401 personel. Ada 28 personel belum hadir yakni dari personel Samapta Polres Pacitan, Situbondo, Kabupaten Blitar dan Biddokkes. 

Ada sejumlah materi latihan terkait pengendalian massa disimulasikan para anggota Dalmas.

Antara lain Dalmas Awal Lanjut, peragaan skenario pengendalian massa, cara penggunaan masker gas air mata, penggunaan senjata gas air mata serta pemadaman api dengan menggunakan sejumlah alat pemadaman seperti karung basah, minuman bersoda dan alat pemadam api ringan (APAR). (rei/uyo) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here