Air mengalir deras melewati perkampungan hingga ke jalan raya kawasan Pacet, Mojokerto, Jumat sore (7/2/2020).

IM.com – Banjir menerjang kawasan Pacet, Kabupaten Mojokerto, menyusul hujan deras, Jumat (7/2/2020). Air berasal dari kawasan atas Padusan dan luberan Kali Kromong yang memenuhi sejumlah ruas jalan di Pacet.

Hingga berita ini diturunkan, hujan deras masih mengguyur merata di kawasan Pacet dan wilayah lain di Mojokerto. Debit air Kali Kromong terpantau naik signifikan. Arus air berwarna kecoklatan mengalir deras hingga meluber ke jalan raya.

Sementara air dari arah Claket mengalir deras ke perkampungan dan mengalir deras ke jalan raya. Dari beberapa video amatir yang diunggah warga di media sosial, Jumat sore ini, nampak arus air dari perkempungan Jalan Dukuh Kucur, Desa Petak mengalir deras ke jalan raya.

Merespon banjir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menghimbau masyarakat agar selalu waspada. Terutama terjadinya peningkatan debit air Sungai Klorak di Desa Kalikatir, Kecamatan Gondang.

“Tim BPBD siaga menuju lokasi,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini.

Hujan deras dan banjir memang tidak hanya terjadi di Pacet. Wilayah Kecamatan Gondang dan Jatirejo pun saat ini mengalami kejadian serupa.

Bahkan air sudah meluber ke rumah-rumah warga di Desa Sumberjati, Jatirejo. Air bercampur material lumpur mengalir deras di jalan desa.

Sementara di tempat  lain, hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon angsana tepi Jalan Raya Gajah Mada, Mojosari, tumbang. Pohon yang berdiri di sebelah barat Klenteng Mojosari roboh menimpa kendaraan.

Peristiwa ini sempat menyebabkan kemacetan. Polisi lalu lintas kemudian mengalihkan sementara arus lalu lintas dari arah selatan menuju ke barat (Kota Mojokerto). (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here