IM.com – SPN Polda Jatim di Jalan Raya Bangsal, Mojokerto, meluluskan 685 siswa Bintara Polri Tahun Ajaran 2019/2020 yang langsung dilantik menjadi anggota Korps Bhayangkara, Senin (2/3/2019). Di antara ratusan siswa Bintara Polri itu, Bripda Muh Al Azhar (19), yang paling menarik perhatian karena berhasil menjadi lulusan terbaik angkatan ini.

Yang paling menggugah adalah cerita di balik perjalanan Muh Al Azhar hingga mampu meraih prestasi terbaik. Karena Anggota Bintara Polri asal Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi itu mampu membuktikan diri menjadi yang terbaik dengan segala keterbatasan ekonomi keluarganya.

Perekonomian keluarga Al Azhar hanya mengandalkan penghasilan ayahnya Heru Sukamto (60) yang bekerja sebagai kuli bangunan dan sang ibu, Komsiatin (51) yang menjadi mengais rezeki dari berjualan sayur keliling. Namun nyatanya, Muh Al Azhar, mendobrak segala keterbatasan itu dengan prestasi menjadi lulusan Bintara Polri terbaik Tahun Ajaran 2019/2020 di SPN Polda Jatim dengan nilai 80,125.

Setelah menempuh pendidikan selama tujuh bulan, Muh. Al Azhar menjadi lulusan Bintara Polri terbaik TA 2019/2020 dengan nilai 80,125. Alumni SMA 2 Ngawi ini tidak pernah menyangka bisa lulus menjadi seorang anggota Polri dan mendaoat predikat lulusan terbaik.


“Rasanya kayak mimpi saya menjadi polisi, karena ada anggapan miring bahwasannya menjadi Polisi pasti bayar ternyata yang saya alami tidak seperti itu. Sejak awal memang sudah ingin menjadi abdi negara. Dengan tirakat, sholat tahajud dan restu orang tua akhirnya saya lulus,” ujar Azhar sambil sesekali mengusap air mata saat didampingi kedua orang tuanya.

Sebanyak 685 siswa Bintara Polri Tahun Ajaran 2019/2020 SPN Polda Jatim dilantik menjadi anggota Polri dengan pangkar Brigadir Polisi Dua (Bripda) setelah menyelesaikan masa pendidikan selama tujuh bulan.

Upacara penutupan, pelantikan, dan pengambilan sumpah pendidikan pembentukan Bintara Polri dipimpin langsung Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan.

“Bintara baru di Jawa timur ada 685 yang sudah menjalani pendidikan di SPN Polda Jatim dan tadi pagi sudah dilantik,” kata Irjen Pol Luki Hermawan, kepada wartawan di SPN Polda Jatim Kabupaten Mojokerto, Senin (2/3/2020).

Selanjutnya, 685 Bripda Polri baru itu akan menjalani libur selama 12 hari. Sebelum nanti akan langsung diterjunkan dalam pengamanan Pilkada Serentak di Jawa timur. (rei/im)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here