Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander bersama komisioner KPU dan Bawaslu memeriksa ratusan boks tersegel berisi surat suara yang baru sampai di gudang KPU, GOR Dinas Pendidikan.

IM.com – Sebanyak 846 ribu lembar lebih surat suara untuk Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020 telah sampai di gudang KPU yang bertempat di GOR Dinas Pendidikan. Pengiriman surat suara yang dikirim dari percetakan mendapat pengawalan ketat polisi.

Jajaran polisi bersenjata laras panjang berjaga di dalam truk boks yang mengangkut 424 boks berisi surat suara. Setibanya di GOR Dinas Pendidikan, Ketua KPU, Bawaslu, dan Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander langsung memeriksa ratusan boks yang mash disegel rapi.

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan sebelum sebelum boks surat suara dipindahkan ke gudang. Polisi terus mengawal ketat proses pengiriman hingga pemindahan boks dari truk ke gudang.

“Kami melakukan pengawalan logistik Pilkada, salah satunya logistik utama yaitu surat suara. Kami kawal dari percetakan ke gudang logistik KPU Kabupaten Mojokerto. Jumlahnya 424 boks, setiap boks berisi 2.000 lembar,” kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander kepada wartawan di lokasi, Selasa (24/11/2020).

Selain surat suara yang baru tiba, GOR Dinas Pendidikan sudah dipenuhi logistik Pilbup lainnya. Mulai dari alat perlindungan diri (APD) bagi petugas di TPS, hingga perlengkapan pemungutan suara lainnya.

Dengan demikian, keamanan gudang KPU saat ini menjadi prioritas pengamanan petugas kepolisian dan TNI.  Dony menyatakan, selanjutnya, gudang KPU di GOR Dinas Pendidikan akan mendapat pengawalan ketat dari kepolisian dan jajaran Kodim 0815.

“Distribusi nanti kami atur sedemikian baiknya dengan pengamanan sesuai SOP. Nanti saat pergeseran kami koordinasi dengan KPU untuk menyukseskan Pilkada Kabupaten Mojokerto,” tuturnya.

Surat suara yang dicetak 846.077 lembar lebih banyak dari jumlah daftar pemilih tetap 823.014 jiwa. Kelebihan surat suara masing-masing 21.603 lembar sebagai cadangan dan serta 2.000 lembar surat suara untuk persiapan pemungutan suara ulang (PSU).

“Surat suara akan didistribusikan hingga ke 2.084 TPS. Sebelum itu akan dilakukan sortir dan pelipatan mulai 26 November,” kata Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori.

Untuk sortir dan pelipatan surat suara, kata Muslim, KPU akan mempekerjakan 50 orang. Pihaknya memperkirakan proses ini akan selesai dalam empat hari.

“Kalau ada kerusakan surat suara, akan kami buatkan berita acara untuk diklaimkan ke pihak penyedia (percetakan),” ujarnya.

Muslim memastikan semua perlengkapan untuk pemungutan suara sudah terpenuhi. Meliputi 846.077 lembar surat suara, 4.168 bilik suara, 2.084 kotak suara, 2.084 tinta, 41.680 segel, serta 12.540 cable ties (kabel pengikat).

“APD ada 14 item, yang sudah datang 11 item, yang belum baju hazmat, thermogun dan sarung tangan lateks untuk petugas di TPS,” jelasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here