Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander.

IM.com – Polres Mojokerto memperketat pengamanan gereja pada Hari Raya Paskah tahun ini menyusul aksi teror bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021). Aparat kepolisian bersama masyarakat berbagai elemen menyisir 29 gereja yang akan menggelar perayaan hari besar umat nasrani mulai Kamis (1/4/2021) sampai Minggu (4/4/2021).

Pengamanan gereja melibatkan muspika, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander mengatakan, pengamanan gereja pada Hari Raya Paskah 2021 melibatkan TNI, pemerintah, tokoh agama,GP Anshor, serta FKUB Kabupaten Mojokerto. Persiapan pengamanan Hari Raya Paskah nanti, kami telah menggelar rakor pengaman di Aula sekolah SMP 1 Santo Yusuf, Kecamatan Pacet.

“Masyarakat dan para jemaat tidak perlu panik karena adanya kejadian teroris kemarin. Mari kita tetap menjaga keamanan dan kedamaian serta kerukunan antar umat beragama. Kita saling bahu membahu, gotong royong dan kerjasama untuk mengamankan semua kegiatan keagamaan,” kata Dony saat memimpin penyisiran di Gereja Katolik Stasi Santa Maria Desa/Kecamatan Pacet, Senin (29/3/2021).

Dony mengatakan, jajarannya sudah sudah melakukan sterilsasi ke seluruh gereja di Kabupaten Mojokerto menjelang perayaan Paskah. Pihaknya juga menambah bantuan penjagaan di 29 gereja yang akan menjadi tempat perayaan.


“Untuk Paskah mulai Kamis nanti kami ploting masing-masing gereja ada 5 personil Polri. Ditambah teman-teman TNI, Banser, FKUB, budayawan dan relawan lainnya, total 10-15 orang yang ikut menjaga,” ucapnya.

Namun demikian, Kapolres tetap mengimbau agar masyarakat dan jemaat tetap menjaga protokol kesehatan saat perayaan Paskah nanti.

Sementara itu, Pendeta Karunia Zebua mengapresiasi pelaksanaan rakor pengamanan Paskah untuk meningkatkan tali silaturahmi antar umat beragama dengan semua pihak terkait.  Dengan terlaksananya kegiatan ini, pihaknya berharap, ancaman teror di Kabupaten  Mojokerto bisa dihindari.

“Dalam rencana kegiatan perayaan paskah nantinya kami mohon bantuan pengaman agar giat ibadah kami dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here