Ratusan pengunjung Sunrise Mall di Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto lari berhamburan keluar setelah merasakan guncangan imbas gempa bumi di wilayah Malang, Sabtu (10/4/2021) siang.

IM.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 yang berpusat di wilayah Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021) siang terasa hingga Mojokerto. Guncangan sekitar 10 detik membuat pengunjung Sunrise Mall panik berhamburan keluar.

Dari video rekaman yang amatir beredar, pengunjung mall di Jalan Benteng Pancasila, Kota Mojokerto itu lari berhamburan untuk menyelamatkan diri. Laporan BMKG menyebutkan, pusat gempa terjadi pada pukul 14.00 WIB dengan titik koordinat pada 8,95 Lintang Selatan (LS) dan 112,48 Bujur Timur (BT) attau 90 kilometer barat daya Kota Malang.

BMKG melaporkan gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tidak berpotensi tsunami.

“Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 kilometer dari arah barat daya Kabupaten Malang dengan memiliki kedalaman 25 km. Namun gempa juga dirasakan warga Mojokerto,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Supangkat.


Djoko mengatakan, belum ada laporan kerusakan yang dialami warga Kabupaten Mojokerto akibat gempa itu. “Sejauh ini masih belum ada laporan kerusakan, semoga saja tidak ada,” tandas Djoko.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Pasuruan, Sujabar mengimbau masyarakat jangan terlalu panik meski berpotensi akan gempa susulan namun kekuatannya tidak sebesar dari gempa pertama dan semakin rendah. Perlu ditekankan gempa 6.7 SR tidak sampai menimbulkan tsunami.

“Kalau kemungkinan gempa susulan potensinya ada tapi skalanya lebih kecil sekitar tiga Skala Richter,” jelasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here