Kebakaran gudang rongsokan milik Iwan Santoso di Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Mojokerto, Selasa (27/7/2021).

IM.com – Kebakaran hebat melahap gudang barang bekas (rongsokan) di Desa Bangun, Kecamatan pungging, Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/7/2021). Titik api diduga berasal dari pembakaran sampah di sekitar lokasi kejadian.

Angin kencang ditambah cuaca yang panas memicu api pembakaran sampah dengan cepat merembet ke gudang rongsokan yang berada di sebelah utaranya. Apalagi, bangunan milik Iwan Santoso tersebut berisi barang-barang rongsokan yang mudah terbakar.

“Ada seseorang yang membakar sampah di sisi selatan gudang. Tiba-tiba api menjalar ke arah barat dengan cepat lantaran rongsokan mudah terbakar,” ungkap Ngatimin, warga setempat, Selasa (27/7/2021).

Saat kejadian, ada sekitar 11 karyawan yang sedang bekerja di dalam gudang. Mereka dibantu warga setempat berupaya memadamkan api dengan peralatan ala seadanya.


“Tidak ada ada korban jiwa dalam kebakaran gudang, tidak ada korban jiwa. Hanya isi gudang berupa rongsokan ludes terbakar,” tambah Ngatimin.

Api baru bisa dijinakkan setelah tujuh unit mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi. Proses pemadaman cukup sulit karena si jago merah melalap material yang mudah terbakar dan sulit dipadamkan dengan air.

“Jadi yang paling sulit itu sampah plastik. Karena mengeras kalau kena air. Kita sudah berusaha tiga jam melakukan pemadaman, sudah 70 persen,” terang Komandan Pos 1 PMK Kabupaten Mojokerto, Sukamto.

Sukamto belum mengetahui penyebab kebakaran. Pihaknya hanya fokus untuk segera memadamkan karena hembusan angin cukup cepat.

“Agar api tidak menjalar kemana-mana,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here