IM.com – Komando Cadangan (Komcad) 3 Matra akan segera dibuka dengan membentuk 5 batalyon.

Ini disampaikan Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dalam rapat koordinasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat, Laut dan Udara Senin (29/11-2021).

Rakor juga diikuti Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Dariyanto secara Video Conference di Ruang Puskodalops Korem 082/CPYJ, Jalan. Veteran Nomer 03 Kota Mojokerto, Senin (29/11/2021)

Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha menyampaikan, dalam menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan semua komponen bangsa. Oleh karena itu, pembentukan Komcad adalah sebuah keharusan sebagaimana amanat Undang-undang.


Tahun 2021 dari rencana membentuk 25.000 komcad, baru terealisasi 2.500 yang tersebar di Wilayah Kodam Jaya, Kodam III, Kodam IV, Kodam V dam Kodam XII masing masing sebanyak 500 orang. Diantara 500 orang dididik di Kodam V ada 162 orang putera Papua.

Tahun 2022 akan membentuk 5 Batalyon Komcad terdiri dari 3 Batalyon AD, 1 Batalyon AL dan 1 Batalyon AU dengan daerah perekrutan meliputi Sumatera (Kodam II), Kalimantan (Kodam VI) dan Sulawesi (Kodam XIV), sementara Jawa Barat untuk pembentukan Balayon AU dan Jawa Timur untuk pembentukan Batalyon AL

Sementara Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto menyampaikan bahwa, penerimaan Komcad kali ini merupakan yang kedua, dengan dibentuknya Komcad diharapkan akan memperkuat TNI dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

“Komcad merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama. Oleh karena itu jajaran Korem 082/CPYJ yang nantinya terlibat agar ikut serta mensukseskan program Komcad Kemenhan RI tahun 2022. Rencanakan dengan baik, dan terstruktur, agar pelaksanaan penerimaan Komcad dapat terlaksana dengan baik pula. Untuk diketahui, di jajaran Korem 082/CPYJ terdapat 84 orang Komcad gelombang I yang tersebar di Kodim Jajaran.” ujar Danrem
(Penrem CPYJ)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here