Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur yang juga istri Wakil Gubernur Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak menebar ribuan bibit ikan dari berbagai jenis di Sungai Brantas, Mojokerto, Senin (6/12/2021).

IM.com – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, serta Ketua Forikan Kabupaten Mojokerto Devi Teguh Gunarko melepas 50 ribu ekor bibit ikan di MKP Brantas, Senin (6/12/2021). Pelepasan ini sebgaai upaya mengembangkan potensi perikanan di Jatim serta meningkatkan gizi dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kegiatan melepas ribuan bibit ikan bertepatan dengan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-8 tahun 2021. Beberapa jenis ikan yang ditebar di Sungai Brantas antara lain Bibit yang ditebar merupakan jenis ikan lokal Jawa Timur lain seperti muraganting, gurami, sengkaring, udang galah, nilem, wader, bethik dan tawes.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan  ini. Tempatnya pun strategis dan tidak jauh dari Surabaya. Kegiatan kita pagi ini semoga dapat mengena dan sesuai sasaran, karena ada aksi langsung yang dikerjakan,” kata Ketua Forikan Jawa Timur arumi Bachsin.

Arumi menjelaskan, Harkannas memiliki dua  pertimbangan penting. Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa.


Kedua, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Indonesia serta mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Baik dikonsumsi langsung maupun sebagai bahan pangan.

Keterkaitan antara pangan dan gizi nasional, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan apalagi dalam masa pandemi Covid-19. Tubuh memerlukan imunitas sebagai daya tangkal terhadap penularan virus. Salah satu zat yang bisa membangun imun adalah omega 3, yang banyak terkandung dalam ikan segar.

Kegiatan pelepasan 50.00 ekor bibit ikan di MKP Brantas, turut dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Diah Wahyu Ermawati, Pengurus Penggerak TP PKK Jawa Timur, serta Kepala OPD.  (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here