Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta melantik 750 bintara remaja yang lulus Pendidikan Pembentukan Bintara Polri (Diktukba) TA 2021 sebagai Brigadir Dua Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Timur, Mojokerto, Rabu (22/12/2021).

IM.com – Sebanyak 750 bintara dinyatakan lulus Pendidikan Pembentukan Bintara Polri (Diktukba) TA 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Timur, Mojokerto, Rabu (22/12/2021). Ratusan remaja tersebut langsung dilantik sebagai Brigadir Polisi Dua (Bripda) Polri.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta memimpin upacara Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Pelantikan 750 bintara baru tersebut di SPN. Para polisi muda itu telah menjalani Diktuba selama 5 bulan sejak Juli hingga Desember 2021.

Dalam amanatnya, Nico mengatakan upacara ini menandai telah berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan Bintara Polri, yang diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas, dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri, serta di seluruh SPN Polda.

“Hari ini saudara-saudara resmi dilantik jadi anggota Polri dengan menyandang pangkat brigadir polisi dua. Dengan demikian hari ini telah bertambah lagi perkuatan Bintara Polri sebanyak 15.526 personil, yang terdiri dari 14.772 Polisi laki-laki dan 754 Polisi Wanita, yang disiapkan guna meningkatkan kinerja organisasi Polri yang semakin optimal,” jelas Nico.


Nico juga mengucapkan selamat kepada para bintara remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan, selama 5 bulan dengan baik. Ia berpesan agar mereka bisa menjadi anggota Polri yang bertanggung jawab dalam setiap menjalankan tugas negara serta mengayomi dan melindungi masyarakat.

“Hari ini telah melekat pada diri saudara, tugas kewajiban dan tanggung jawab sebagai bayangkara negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum yang adil. Amanah ini yang harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggaan, kehormatan, dan ingin selalu berbuat yang terbaik,” tuturnya.

Selanutnya, Kapolda memotivasi semangat para bintara remaja Polri ini dalam mengemban tugas. Mereka harus memiliki komitmen dan dedikasi untuk siap ditempatkan di seluruh penjuru Indonesia, menjadi garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Bulatkan tekad dan semangat. Serta motivasi dan tanpa henti senantiasa memberikan darma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara,” tegas Nico.

Dalam pelaksanaan tugas kedepan setiap anggota polri berpedoman pada program prioritas bapak Kapolri Presisi. Kemudian terus meningkatkan kemampuan diri agar dapat menyelesaikan setiap permasalahan dan terhindar dari segala macam pelanggaran.

“Yaitu dengan “*Mantap*” (Iman, Kemauan dan Pengetahuan) serta Pahami “*TWT*” (Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab) dalam setiap melaksanakan tugas agar dapat terselesaikan dengan tuntas dan penuh tanggung jawab,” tegasnya.

Usai memimpin upacara, Nico dan pejabat Utama melihat penampilan Hadrah, Kidung serta Pujian kolaborasi antar umat beragama yang dilakukan oleh Bintara yang baru dilantik. (im)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here