Aliran air Sungai yang melewati Dusun Kuripan, Desa Jumeneng, Mojoanyar, Mojokerto, berubah warna menjadi merah kecoklatan sejak Selasa (4/1/2022) lalu.

IM.com – Warga Dusun Kuripan, Desa Jumeneng, Mojoanyar, Mojokerto, heboh lantaran air Sungai Ledeng di lingkungan setempat berubah warna merah kecoklatan. Selain berwarna merah, air juga agak lengket.

Menurut warga setempat, air berubah warna sejak Selasa (4/1/2022) lalu. Peristiwa seperti itu juga baru kali ini terjadi.

“Tiba-tiba muncul begitu saja sejak tiga hari yang lalu. Ini pertama kali, sebelumnya tidak pernah,” kata Ketua RT 07 Dusun Kuripan, Mahmud saat ditemui di lokasi, Kamis (6/1/2022).

Belum diketahui penyebab perubahan warna pada sungai tersebut. Warga juga tidak bisa memastikan apakah hal itu disebabkan pencemaran limbah pabrik.


“Di sini tidak ada pabrik. Jadi yang kalau limbah ya limbah dari pabrik mana. Air juga tidak mengalir,” ujar Mahmud.

Selain itu, warga tidak menemukan dampak buruk pada kehidupan mereka maupun habitat ikan di sungai akibat fenomena tersebut. Dengan demikian, kejadian ini tak dilaporkan ke pihak berwenang atau instansi terkait.

“Sungainya juga tidak berbau, tidak ada ikan yang mati. Banyak orang yang memancing di sungai seperti biasanya,” tandasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here