Rusa jantan jenis Timor berumur 7 tahun yang terperosok ke dalam gorong-gorong hingga terbawa arus ke pemukiman warga, Padusan, Pacet, Mojokerto, berhasil dievakuasi, Kamis (13/1/2022) malam sekira pukul 23.00 WIB.

IM.com – Seekor rusa terperosok ke dalam gorong-gorong hingga terbawa arus ke pemukiman warga di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto, saat hujan deras mengguyur, Kamis (13/1/2022) sekira pukul 23.00 WIB. Satwa bertanduk berumur 7 tahun itu berhasil diselamatkan petugas TNI/Polri dan BKSDA dibantu relawan.

Rusa tersebut diduga tersesat saat hujan lebat mengguyur wilayah Pacet. Dalam keadaan tersebut, rusa jantan jenis Timor itu terperosok ke dalam gorong-gorong selebar sekitar 1,5 meter dan kedalaman 2 meter dengan air yang mengalir cukup deras.

“Wilayah Pacet memang diguyur hujan cukup lebat dari sore. Mungkin yang menyebabkan rusa ini tersesat dan masuk dialiran air dan terbawa sampai dengan ke pemukiman warga,” kata Kapolsek Pacet AKP Amat.

Petugas yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi di kawasan, Padusan Kecamatan Pacet sekitar pukul 23.00 WIB. Polisi, TNI bersama relawan dan warga akhirnya berhasil menyelamatkan satwa dilindungi itu dengan cara menjerat kakinya menggunakan tali camantel.


“Rusa diangkat dari dalam parit dalam kondisi luka lecet sehingga dievakuasi ke karantina karantina unit penangkaran Koperasi Wana Raharja, Pacet untuk pemulihan,” kata Pengendali Ekosistem Hutan Resort Konservasi 9 Mojokerto BBKSDA Jatim Fajar Dwi Nur Aji. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here