IM.com – Memperingati hari air sedunia 22 Maret 2022, Pemerintah Kota Mojokerto kembali menggelar Mojotirto Festival. Kegiatan bertajuk ’Umbul Dungo Mojotirto akan digelar di bantaran Sungai Ngotok, dibawah Jembatan Rejoto, seperti tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kominfo Santi Ratnaning Tias menyampaikan festival bertajuk ‘Umbul Dungo Mojotirto’ akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Ada serangkaian acara yang akan digelar dalam kegiatan ini.

“Nanti akan ada kirab budaya kirab yang terdiri dari penari putri kusumo, prajurit bregodo dan prajurit masyarakat,” jelas Santi.

Kepala Diskominfo yang baru menjabat ini menambahkan bahwa pada festival Mojotirto akan menampilkan sejumlah pertunjukan kesenian dan hiburan. Antara lain tari bedoyo, tari jurit sandi, permainan tradisional serta liang liong ikan.


“Sebagai bentuk rasa syukur terhadap karunia Tuhan Yang Maha Esa, dalam festival ini juga akan dilakukan penyebaran benih ikan untuk pelestarian alam,” ujarnya.

Pada hari yang sama dengan pelaksanaan Mojotirto Festival, Pemerintah Kota Mojokerto juga akan melakukan Grand Launching MPP Gajah Mada yang rencanya akan dilakukan oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

Untuk kenyamanan pelaksanaan Mojotirto Festival, imbuh santi, DLH Kota Mojokerto akan menyediakan toilet mobile dan dua unit mobil ambulance beserta tenaga medis dan paramedis.

“Mojotirto Festival juga akan disemarakkan dengan pameran dari UMKM binaan Diskopukmperindag Kota Mojokerto. UMKM akan menyajikan jajanan tradisional di stand-stand yang dihias nuansa Majapahit,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here