Anak-anak pengisi acara Festival Mojotirto mendengarkan seksama arahan dari Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Mojokerto Hatta Amrulloh dan show director Husein dalam kegiatan geladi kotor di bantaran Sungai Ngotok, Jembatan Rejoto, Kota Mojokerto, Jumat (18/3/2022).

IM.com – Para pengisi acara Festival Mojotirto melaksanakan geladi kotor di bantaran Sungai Ngotok, sekitar Jembatan Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Jumat (18/3/2022). Kegiatan diisi dengan simulasi permainan tradisional yang diperagakan anak-anak serta penyerahan bokor air oleh duta wisata.

Kegiatan geladi kotor sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Mojotirto Festival “Umbul Dungo Mojotirto” pada 22 Maret 2022 mendatang. Momentum ini merupakan pertama kalinya para pengisi acara berkumpul di lokasi “Umbul Dungo Mojotirto” setelah melakukan berbagai rapat koordinasi, Kamis (17/3/2022) lalu.

Agenda tahunan bertajuk ‘Umbul Dungo Mojotirto 2022’ akan digelar di lokasi pembangunan Taman Budaya Majapahit ini, juga merupakan rangkaian dari peresmian Mall Pelayanan Publik Gajah Mada oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

“Hari ini kita melakukan geladi kotor, khususnya untuk para siswa SD yang nantinya akan menampilkan permainan tradisional,” kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Mojokerto Hatta Amrulloh.


Para siswa perwakilan dari masing-masing Sekolah Dasar Negeri se-Kota Mojokertodan Gus Kota Mojokerto mengikuti geladi kotor dengan seksama. Duta wisata ini direncanakan akan menerima bokor air dari para penari Putri Kusumo yang kemudian diserahkan kepada Ibu Wali Kota untuk ditumpahkan di Sungai Ngotok. (Baca: Menengok Keceriaan Puluhan Anak Dolanan Permainan Tradisional di Bibir Sungai).

“Tadi dengan diarahkan oleh Pak Husein (show director) anak-anak mulai berlatih, mulai dari memasuki venue acara sampai mempraktekkan permainan tradisional,” ungkap Hatta.

Selain melakukan geladi kotor untuk para pengisi acara, imbuh Hatta, bagian protokol dan panitia juga memastikan sarana prasarana yang dibutuhkan. Ia menambahkan,
pelaksanaan Mojotirto Festival akan dimulai pukul 07.00 WIBi, sehingga seluruh pengisi acara maupun tim yang bertugas sudah berada di Rejoto sejak pukul 05.30 WIB.

“Pukul 06.15 acara dimulai dengan gending-gending,” ujarnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here