Petugas Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Mojokerto mensimulasikan skema contra flow untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan saat arus mudik lebaran di Simpang 5 Kenanten, Bypass Mojokerto, Selasa (19/4/2022).

IM.com – Satlantas Polres Mojokerto dan Dinas Perhubungan telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) serta contra flow di jalan nasional saat arus mudik Lebaran 2022. Skenario ini disimulasikan, Selasa (19/4/2022).

Sistem contra flow untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan selama arus mudik lebaran. Titik simpul kepadatan kendaraan di jalan nasional wilayah Mojokerto kerap terjadi di simpang tiga Jampirogo hingga Mertek, baik dari arah Jombang maupun Surabaya.

“Simulasi contra flow ini langkah terakhir jika terjadi penumpukan kendaraan saat memasuki mudik Lebaran atau libur panjang,” Kasatlantas Polres Mojokerto AKP Arpan, Selasa (19/4/2022).

Seperti diketahui, libur dan cuti bersama Lebaran 2022 dimulai 28 April hingga 6 Mei. Selama masa itu, arus kendaraan mudik dan balik diperkirakan akan meningkat dibanding tajam dibanding tahun sebelumnya, mengingat kebijakan pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik.


“Jadi, sistem contra flow ini akan kita lakukan untuk mengurai kepadatan lalulintas di Mojokerto, khususnya di jalur nasional, saat arus mudik maupun balik,” ujar Arpan.

Selain contra flow, jalan arteri yang dilalui pemudik juga akan dijaga oleh petugas yang mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.  Sebanyak 130 personel dari Satlantas dan Dishub Kabupaten Mojokerto akan disebar

“Di jalan arteri akan ada pengaturan lalin di beberapa titik rawan macet, termasuk kita juga akan melakukan sekema pengalihan arus,” katanya.

Arpan menegaskan petugas yang berjaga akan fokus pada pengamanan arus mudik serta tak akan memberhentikan pemudik. Ia pun mengimbau warga supaya mempersiapkan rencana mudik sematang mungkin, utamanya dengan mengikuti vaksinasi dosis lengkap.

“Tetap perhatikan keselamatan pada saat melaksanakan mudik. Siapkan diri, siapkan kendaraan, serta hati-hati,” tandasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here