Bupati Ikfina Fahmawati memasang dedaunan yang akan dijadikan sketsa gambar pada kain dengan cara Eco Print.

IM.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperka) Kabupaten Mojokerto berkolaborasi dengan paguyuban Eco print Mojokerto menggelar acara Ngeco print bareng Bupati Mojokerto. Kegiatan printing unik dan ramah lingkungan ini bertujuan membangkitkan kreatifitas sumber daya manusia (SDM) di Bumi Majapahit.

Kegiatan bertajuk ‘Ngeco Print Jejak Surya Majapahit’ ini diikuti sebanyak 114 peserta yang diselenggarakan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Sabtu (2/7/2022) pagi. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Shofiya Hanak Al Barra turut meramaikan acara ini.

Eco Print saat ini menjadi sebuah kreativitas kekinian yang sekarang sedang hits di kalangan fashion. Cara printing ini terkenal dengan keunikannya dan ramah lingkungan.

Bupati Ikfina mengapreasi kegiatan ini. Selain produktif, ia menilai, Ngeco Print merupakan aktivitas yang memberikan peluang dalam meningkatkan kreativitas di tengah masyarakat.

“Kita bisa melaksanakan kegiatan yang produktif dengan suasana yang luar biasa karena ada suasana kekeluargaan, ada kasih sayang, ada upaya membagi kebahagian, dan alhamdulillah kita bersama sama bisa di sini,” ucapnya.

Menurutnya, untuk mengembangkan Eco Print di Kabupaten Mojokerto, diperlukan adanya sinergitas dengan stakeholder dan para pelaku UMKM. Sehingga dapat memberikan inovasi baru dalam mengembangkan produknya melalui Eco Print.

“Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri buat kita semuanya, khusunya bagaimana produk asli mereka itu bisa dikolaborasikan dengan produk-produk menggunakan teknik Eco print,” ujarnya.

Ikfina mengatakan, kegiatan ini tidak hanya bernilai sebagai kegiatan literasi. Melainkan kegiatan yang produktif secara ekonomi maupun rekreatif.

“Ini sekaligus bisa menjadi healing diri kita masing-masing, sehingga pulang dengan kebahagiaan,” ujarnya.

Selain itu, Ikfina berharap, para peserta dapat menularkan pengalaman Eco print ini kepada masyarakat lain, sehingga teknik Eco Print ini dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Mudah-mudahan semua yang datang disini nanti, pulang bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang sama, bagaimana kita menularkan kebaikan-kebaikan yang kita dapatkan dari satu tempat,” harapnya.

Sebagai informasi,dalam agenda kali ini, terdapat lima kegiatan yang diselenggarakan yakni Ngeco Print bersama Bupati Mojokerto, Lomba Desain Eco Print surya Majapahit, Fashion show, parade kain Eco Print, dan donor darah.(im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini