Bupati Ikfina Fahmawati bersama Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwr Sadad dalam pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerinda Kabupaten Mojokerto di Pendopo Siti Inggil, Petilasan Raden Wijaya, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Minggu (7/8/2022).

IM.com – Partai Gerinda mengisyarakatkan tetap mendukung Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dukungan itu sekaligus menjadi sinyal persaingan terbuka menyusul isu bakal pecahnya dua petahana setelah Partai Amanat Nasional (PAN) tegas menyatakan bakal mengusung Wakil Bupati Muhammad Albarra atau Gus Barra.

Sinyal dukungan Gerindra kepada Ikfina mengemuka dalam agenda pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerinda Kabupaten Mojokerto di Pendopo Siti Inggil, Petilasan Raden Wijaya, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan Mojokerto, Minggu (7/8/2022). Ketika nama Ikfina dikumandangkan acara itu, para kader Gerinda yang hadir serentak menimpali dengan kata  ‘Lanjutkan!’.

“Kehadiran bupati ini menggambarkan banyak hal. Kami dulu mengusung beliau dalam Pilkada yang lalu dan kita berkomitmen akan mengusung beliau. Jadi ini bisa dieksepsi, bisa diinterpretasi,” kata Ketua DPD Partai Gerinda Jawa Timur, Anwar Sadad usai prosesi pengukuhan kepada sejumlah wartawan.

Meskipun, Anwar tidak menyatakan sikap tegas melanjutkan koalisi itu atau tetap mendukung Ikfina Bupati pada Pilbup Mojokerto 2024. Pada Pilkada 2020, Partai Gerinda berkoalisi dengan Nasdem, Demokrat, Hanura, PAN, dan PKS mengusung duet Ikfina-Gus Barra.


“Fokus kita untuk 2024 Pileg dan Pilpres, setelah itu kita mulai melakukan langkah-langkah konsolidasi untuk kepentingan Pilkada. Tapi yang terdekat dulu yang harus kita perjuangkan,” tandas Anwar. Partai Gerindra, lanjutnya, menargetkan perolehan 10 kursi legislatif di Kabupaten Mojokerto.

Baca: PAN Solid Usung Gus Barra di Pilbup Mojokerto, Pecah Kongsi dengan Ikfina

Selain itu, Anwar mengatakan, Partai Gerinda bertekad mengusung Ketua Umum DPP Partai Gerinda, Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dalam Pemilu 2024. Nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut bakal diusung sebagai bakal cawapres pendampingnya.

Ikfina Fahmawati yang berada di samping Anwar Sadad enggan memberikan komentar terkait sinyal dukungan dari Partai Gerinda. Ia hanya tersenyum saat wartawan menyodori pertanyaan tersebut.

Sementara, Ketua DPC Partai Gerinda Kabupaten Mojokerto, Hidayat menyampaikan, untuk persiapan Pileg 2024, pihaknya telah membentuk PAC Partai Gerinda di setiap Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. Akan tetapi, untuk ranting baru terbentuk 10 persen.

“Kita sangat optimis, pengurus PAC sudah lengkap dan ranting 10 persen sudah terbentuk. Ini penting untuk mencapai target 9 kursi, tapi diperintah DPD 10 kursi,” tandasnya. (cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here