Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melepas 16 orang Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto pada Jambore Nasional XI Tahun 2022.

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melepas 16 Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto pada Jambore Nasional XI Tahun 2022. Ajang ini menjadi kesempatan bagi para Penggalang dari setiap daerah unjuk kemampuan dan ketrampilan.

Pelepasan 16 Kontingen Kwartir cabang (Kwarcab) dilaksanakan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Kamis (11/8/2022) pagi. Adapun Jambore Nasional XI berlangsung di bumi perkemahan Cibubur Jakarta selama satu minggu, 14-21 Agustus 2022.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Ikfina k memberikan dukungan kepada perwakilan kebanggaan kontingen Kabupaten Mojokerto yang akan berangkat mengikuti Jambore Nasional XI 2022. Menurutnya, temu nasional Gerakan Pramuka empat tahunan itu menjadi momen yang spesial bagi para penggalang pramuka se-Indonesia..

“Karena kesempatan ini sangat langka dan rutin dilakukan empat tahun sekali, dan yang ingin ikut banyak, maka harus dilakukan tes penyaringan, siapa saja yang berhak mewakili Kontingen Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.


Ikfina menilai pelaksanaan Jambore Nasional ini menjadi suatu kesempatan langka bagi para Penggalang Pramuka asal Kabupaten Mojokerto yang dibatasi hanya 16 orang. Oleh karena itu, ia berharap para peserta dari Bumi Majapahit bisa memanfaatkan kegiatan Jambore Nasional ini sebaik-baiknya.

“Jadi ini wajib disyukuri, dan rasa syukur tidak cukup dengan kata-kata, melainkan ditunjukkan dengan keseriusan kalian dalam memanfaatkan kesempatan ini, bagaimana kalian menjaga harga diri ketika bertemu dengan para penggalang se-Indonesia dan bagaimana kalian menunjukkan kemampuan kalian sebagai penggalang kebanggaan Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Bupati meyakini, para kontingen Kabupaten Mojokerto sudah mempersiapkan dengan matang dalam mengikuti ajang Jambore Nasional ini. Maka sangat disayangkan kalau momentum ini terlewat begitu saja.

“Dan saya yakin kehadiran para kepala sekolah dan kedua orang tua di tempat ini menunjukkan bahwa semuanya berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada anak-anak ini dan saya meyakini mereka semuanya pantas mendapatkan kesempatan ini,” ujarnya.

Ikfina juga menjelaskan, bahwa kegiatan pramuka ini bertujuan untuk mencetak generasi Indonesia menjadi tangguh dan mandiri, dimana kerjasama dalam satu tim menjadi suatu yang sangat penting.

“Saling menghargai satu sama lain, saling menjaga satu sama lain saling, dan mengingatkan satu sama lain ini adalah juga menjadi hal yang utama,” jelasnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan, bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka Ia juga mengingatkan para peserta yang akan berangkat ke Jambore Nasional untuk menjaga diri masing-masing dengan kunci utamanya yakni kedisiplinan.

“Bagaimana kalian menjaga kebersihan diri kalian, terutama bagaimana kalian menjaga kebersihan kedua tangan dan kalian disiplin dalam menggunakan masker selama perjalanan, bertemu dengan banyak orang, dan bahkan ketika nanti sudah berada di tempat Jambore Nasional,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, sebagai simbol melepas Kontingen Kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina menyerahkan secara simbolis bendara pramuka kepada perwakilan peserta yang mengikuti Jambore Nasional XI Tahun 2022. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here