Tim Basket SMAN 1 Puri berjuluk Castle usai menundukkan tim SMAN 9 Surabaya, Songo, pada laga Opening Party Honda DBL with KFC 2022 East Java Series-North Region, Kamis (18/8/2022).

IM.com – Tim Basket SMAN 1 Puri, Mojokerto, sukses meraih hasil gemilang dalam penampilan pertamanya di Kompetisi Liga Basket pelajar, DBL Seri Jawa Timur. Tim berjuluk Castle berhasil menumbangkan tim Basket SMAN 9 Surabaya, Songo pada laga kedua Opening Party Honda DBL with KFC 2022 East Java Series-North Region, Kamis (18/8/2022).

Laga berlangsung alot sejak tip off dilakukan. Tim Castle harus berjuang ekstra sebelum sukses meredam perlawanan Songo dengan skor kemenangan tipis 24-20.

Skuad Castle mampu mendominasi pertandingan di kuarter awal. Determinasi tinggi dari anak-anak SMAN Puri berhasil menekan lawan hingga tim Songo gagal mencetak satu poin pun pada kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, tim Songo mulai menunduh poin melalui satu tembakan gratis dari Jagad Lakon Sejati. Tambahan dua poin di kuarter kedua dari pemain nomor 9 itu membuka kans bagi Songo untuk mengejar ketertinggalan.


Kuarter ketiga, Songo semakin memangkas jarak lewat tembakan dua poin plus satu tembakan gratis Akmal Syauqi Ramadhan. Namun, tim Castle kembali menjauh setelah Josefano Adoniara membukukan dua poin.

Di kuarter akhir, Songo yang semakin panas memberikan tekanan bagi Castle. Dua poin dari Jagad disusul tripoin dari Akmal membuat selisih skor kedua tim hanya setengah bola (14-13) di paruh kuarter empat.

Puncaknya, Songo berhasil membalikkan keadaan dengan skor 17-14 kala pertandingan tersisa lima menit akhir. Namun lagi-lagi, Castle mampu membalikkan keadaan melalui Tripoin dari Loishel Dago yang membuat anak asuh Mukhammad Al Amin itu unggul 21-19 atas Songo.

Tiga tembakan gratis dari Josefano di menit akhir pertandingan berhasil memastikan Castle untuk pungkasi langkah Songo hari ini.

“Atmosfernya bener-bener pecah banget  se mas, tahun lalu 2021 itu tanpa suporter, terus tahun ini ditonton banyak supporter pecah lah pokoke.” tutur Baihaqi kapten tim Castle

Baihaqi mengatakan, suporter memiliki andil besar bagi timnya hingga berhasil memberikan perlawanan ketat di menit-menit akhir. Menurutnya, semangat teman-temannya memuncak ketika mampu membalikkan skor mengungguli Songo.

“Faktor supporter pengaruh banget se, saat pemain lawan nyetak angka itu kan supporternya teriak-teriak. Nah, saat giliran kita yang nyetak itu supporter kita jadi teriak-teriak juga dan jadi semangat buat kita, ” ujarnya.

Baihaqi menyebutkan, mental teman-temannya yang terangkat saat tertinggal dari Songo  menjadi kunci keberhasilan tim untuk membalikkan skor dan meraih kemenangan perdana. Selain, faktor permainan tim yang kompak terbukti mereka mampu meredam perlawanan SMAN 9 Surabaya.

“Kemenangan pada laga pertama ini kami persembahkan untuk teman-teman Castle Mania yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir di tribun DBL Aren,” ujarnya.

Hasil ini membuat Castle untuk sementara memimpin Grup A dengan rekor satu kemenangan dari satu laga. Di laga selanjutnya, Castle akan melawan SMAN 8 Surabaya, pada Sabtu, 3 September 2022.

Honda DBL with KFC 2022 East Java Series – North Region atau Seri Surabaya ini berlangsung di DBL Arena mulai 18 Agustus hingga 1 Oktober mendatang.  Ajang ini menjadi seri pembuka dari rangkaian musim 2022-2023 secara nasional.

Honda DBL with KFC 2022 East Java Series atau Seri Jatim, untuk kali pertama akan digelar di empat wilayah atau region sekaligus. Sebelumnya yang hanya digelar di Surabaya (North) dan Malang (South). Kini akan ada ekspansi ke dua region baru, yakni Seri Madiun (ko Region) dan Seri Jember (East Region). Sebanyak 112 tim yang terdiri dari 69 tim putra dan 43 tim putri akan berjibaku memperebutkan gelar juara Seri Jatim.

Dari Surabaya, berlanjut ke Palembang dan Padang yang dimulai serentak pada 19 Agustus. Lalu, bergulir di kota-kota lain se Indonesia. Hingga ditutup di Kota Kupang (Seri Nusa Tenggara Timur) pada Maret 2023 mendatang. Total digelar di 30 kota di 22 provinsi dari Aceh hingga Papua. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here