Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyapa balita yang digendong orang tuanya saat mengantre bantuan langsung tunai (BLT) di Kecamatan Sooko, Minggu (27/11/2022).

IM.com – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) di Kabupaten Mojokerto, Minggu (27/11/2022) menyasar masyarakat di sejumlah kecamatan. Tampak sejumlah orang tua menggendong anak balita ikut dalam barisan antrean penerima BLT.

Bupati Ikfina Fahmawati meninjau langsung penyaluran BLT di kantor Kecamatan Sooko. Dalam kesempatan itu, ia meminta para penerima agar mengantre dengan tertib dan saling menjaga jarak.

“Saya minta tolong jaraknya diatur, sebenarnya semua kan sudah ada jadwalnya masing-masing untuk pengambilannya, tetapi nampaknya semua tidak sabar untuk menjemput rezeki. Saya minta yang sabar ya saat antre,” ungkap Ikfina kepada para penerima BLT.

Ikfina juga mengimbau, agar para penerima BLT yang usia masih tergolong muda agar bekenan mendahulukan para penerima BLT yang sudah lanjut usia.


“Minta tolong juga, untuk yang masih muda-muda, minta tolong dan semoga berkenan mendahulukan yang sudah sepuh (lanjut usia, Red),” pintanya di hadapan ribuan penerima BLT.

Di tengah kerumunan massa, Bupati Ikfina pun sontak mendekati seorang perempuan yang sudah lanjut usia yang tampak kebingungan. Saat didekati dan ditanya, ternyata salah satu lansia penerima BLT tersebut terpisah dengan kerabat yang mengantarkannya.

“Anaknya namanya siapa? Biar dibantu carinya,” tanya Ikfina sambil mengajak duduk seorang lansia tersebut dan memberinya sebotol air mineral sebatas menenangkannya. Tak berselang lama, akhirnya lansia tersebut bertemu dengan keluarganya.

Bupati Ikfina pun melanjutkan perjalanan ke kantor Kecamatan Gondang, yang juga menjadi salah satu titik penyaluran BLT BBM, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sesampainya di kantor Kecamatan Gondang, Bupati Ikfina pun langsung meninjau penyaluran BLT. Melihat penyaluran BLT ini terbilang tertib, bupati mengarahkan pandangan kepada para balita yang digendong orang tuanya mengambil BLT.

Bupati Ikfina pun segera menghampiri satu persatu balita sembari memberi bingkisan berisi snack.

“Ini nanti bisa sambil buat cemilan, sama nunggu ngantre,” ujar Ikfina dengan mengusap lembut kepala dan pipi balita.

Tak jauh berbeda dengan di lokasi sebelumnya, Bupati Ikfina juga meminta agar para lansia bisa diprioritaskan lebih dulu untuk menerima BLT agar tidak terlalu lama mengantre. Ikfina pun juga sempat membantu seorang lansia yang kesusahan berjalan untuk naik ke motor saat hendak pulang bersama kerabatnya.

Untuk diketahui, di Kecamatan Gondang hari ini sedikitnya ada 1.902 penerima BLT yang datang di kantor Kecamatan Gondang untuk mengabil BLT tersebut. Pencairan pun masih terus berlangsung hingga target penyaluran BLT 2022 ini selesai. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here