Keluarga dengan bayi stunting dari 3 kecamatan di Kabupaten Mojokerto bersama Bupati Ikfina Fahmawati usai menerima BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Jumat (16/12/2022).

IM.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Pemerintah Kabupaten Mojokerto kembali cair, Jumat (16/12/2022). Penyaluran bansos menyasar 46 keluarga dengan bayi stunting dari Kecamatan Jatirejo, Trowulan, Sooko masing-masing Rp 2,1 juta.

Para penerima BLT meliputi 23 orang dari Kecamatan Trowulan, 11 warga Jatirejo dan dua orang asal Kecamatan Sooko. Penyerahan BLT dilakukan Bupati Ikfina Fahmawati di Pendopo Kecamatan Jatirejo.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan, masing-masing penerima kali ini menerima BLT senilai Rp 2.100.000. Ia juga memberikan edukasi terkait pencegahan dan penanganan stunting kepada penerima bantuan.

“Bantuan ini sangat spesial atau khusus, yaitu khusus kepada orang tua yang mempunyai balita yang harus ‘digemukan’. Bantuan yang diberikan senilai Rp. 2.100.000 tolong dihitung dan pastikan pas tidak ada kekurangan dan bantuan ini untuk pemenuhan gizi anak-anak anda,” katanya.


Ikfina juga menjelaskan, yang menjadi indikator perhitungan anak cukup gizi adalah berat badannya. Sehingga, dipastikan kepada orang tua untuk memberikan makanan dengan jumlah yang cukup.

“Untuk mendapatkan gizi yang cukup, pertama yang perlu diperhatikan adalah makanan. Orang tua harus memperhatikan jumlah makanan yang diberikan kepada anak. Beri makanan yang cukup, anak setidaknya harus makan makanan wajib tiga kali sehari dan dua kali makanan selingan (snack),” ujarnya.

Baca: Dinsos Kabupaten Mojokerto Salurkan BLT DBHCHT ke 73 Keluarga Bayi Stunting di 4 Kecamatan

Selain itu, Bupati Ikfina menyampaikan anak usia 0-6 tahun adalah masa perkembangan otak. Sehingga, orang tua bisa memperhatikan kebutuhan anak diusia ini.

“Selain makanan, orang tua juga harus memberikan stimulasi seperti anak tidak bentak, anak tidak dan anak tidak dibandingkan. Intinya, anak harus bahagia. Karena dengan itu, perkembangan anak menjadi lebih baik. Sehingga, ketika anak masuk di duna sekolah dasar, anak bisa mengikuti fase-fase selanjutnya,” tukasnya.

Penyerahan BLT DBHCHT kali ini, Bupati Mojokerto didampingi oleh Camat Jatirejo, Camat Trowulan, Camat Sooko serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here