Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim.

IM.com – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, PWI Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan Lomba Karya Jurnalistik memperebutkan Piala Prapanca. Kategori bidang yang dilombakan meliputi karya Tulis, Foto, Televisi dan Radio.

Sokip, Ketua Panitia HPN 2023 PWI Jatim menjelaskan secara rinci empat jenis karya yang dilombakan tersebut. Yakni Karya Tulis Media Cetak dan Online, dua Foto Media Cetak dan Online,  Jurnalistik Televisi dan Radio.

“Objek lomba adalah Karya Tulis, Foto, Televisi dan Rado harus memenuhi persyaratan jurnalistik dan objeknya terjadi di daerah Jawa Timur atau hasil liputan di daerah lain, yang ada kaitannya dengan daerah Jawa Timur pada tahun 2022,” jelasnya.

Sokip melajutkan, panitia juga menetapkan 10 kriteria peserta lomba dan karya. Pertama, wartawan yang bertugas di Jawa Timur, baik anggota PWI Provinsi Jawa Timur atau yang belum.


“Kedua, karya perorangan atau kelompok/tim (tuliskan nama anggota kelompok/tim pada surat pengantar,” ujarnya.

Ketiga kriteria seputar karya, baik tulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, Foto, Karya Jurnalistik Televisi dan Jurnalistik Radio. Karya yang diikutsertakan harus yang pernah dimuat, ditayangkan dan disiarkan di media masa yang  Berbadan Hukumpers antara 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022.

Keempat, setiap peserta boleh mengikuti masing-masing jenis lomba maksimal 3 (tiga) karya. Kelima, karya tulis dikirim dalam bentuk kliping yang ditempel di atas kertas ukuran folio, disertai tiga fotokopi.

“Perlu diingat,peserta harus mencantumkan nama penerbitan, hari/tanggal, halaman dan kode/nama penulis,” tandasnya,.

Keena, karya foto hitam-putih atau berwarna dengan ukuran sisi terpendek 18 cm atau 10 R. Selain itu, peserta harus melampirkan fotokopi bukti pemuatan karya tersebut.

Ketujuh, karya Jurnalistik Televisi Kategori Feature dengan durasi 5–10 menit, dikirimkan dalam bentuk Flash Disc sebanyak tiga buah. Sedangkan naskahnya harus diampirkan secara tertulis.

“Cantumkan, Program, Hari, Tanggal dan Jam Penayangannya,” ucap Sokip.

Kedelapan, persyaratan poin ketujuh juga berlaku sama untuk karya Jurnalistik Radio. Yakni kategori Feature dengan durasi 5–10 menit, dikirimkan dalam bentuk Flash Disc tiga buah dan naskahnya secara tertulis serta mencantumkan Program, Hari, Tanggal dan Jam Penyiarannya.

Kesembilan, karya tulis, karya foto, Karya Jurnalistik Televisi, Karya Jurnalistik Radio, dikemas dalam sampul tertutup disertai surat pengantar yang diketahui Pemimpin Redaksi/Redaktur atau Kepala Perwakilan Penerbitan. Isinya menyatakan bahwa karya jurnalistik tersebut benar-benar karya wartawan yang bersangkutan.

Kesepuluh, larya tersebut dikirim kepada Pengurus PWl Provinsi Jawa Timur, JI. Taman Apsari I 5-17, Surabaya 60271 dimulai tanggal 13 Januari 2023 dan selambat-lambatnya 31 Januari 2023. Peserta juga harus mencantumkan jenis lomba yang diikuti di pojok kiri atas sampul dicantumkan.

“Adapun penghargaan atau hadiah bagi pemenang Karya Tulis, Karya Foto, Karya Jurnalistik Televisi dan Karya Jurnalistik Radio terbaik, masing-masing menerima Piala  Prapanca, piagam penghargaan dan uang Rp 7.500.000,” tuturnya.

Adapun dua orang nominator dari masing-masing katagori lomba, lanjut Sokip, akan menerima piagam penghargaan dan Uang Rp 2.500.000. Pengumuman pemenang dan penerimaan hadiah dilaksanakan pada acara resepsi peringatan Hari Pers Nasional 2023 tingkat Jawa Timur.

Penilaian karya akan dilakukan tim juri dari kalangan wartawan senior dan akademisi yang ditunjuk oleh Pengurus PWI Provinsi Jawa Timur. Keputusan Dewan Penilai adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here