Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan bantuan lima buah rombong mie ayam dan bakso kepada masyarakat dalam launching program Small Enterpreneurship dari BUMDes Mlirip, Kecamatan Jetis bekerjasama dengan PT Ajinomoto, Jumat (13/1/2023).

IM.com – BUMDes Barokah, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan PT Ajinomoto memberikan lima rombong mie ayam dan bakso kepada masyarakat. Pemberian peralatan usaha ini bagian dari program Small Entrepreneurship yang diluncurkan BUMDes setempat untuk membuka lapangan kerja baru.

Small Enterpreneurship merupkaan inovasi program BUMDes Barokah Mlirip yang bertujuan mencetak wirausahawan dari masyarakat desa setempat. Peluncuran program ini diresmikan oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, Jumat (13/1/2023).

Kepala Desa Mlirip, Purwanto menjelaskan, penyerahan lima gerobak untuk berjualan mie bakso dan mie ayam bakso ini wujud kerjasama antara BUMDes dan Ajinomoto untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran di Desa Mlirip.

“Di Desa Mlirip, pengangguran juga banyak, dengan adanya program sharing value Ajinomoto ini, kami bekerjasama untuk membuka lapangan pekerjaan, sehingga sedikit demi sedikit permasalahan pengangguran di desa kami teratasi,” ungkapnya.

Selain itu, Purwanto juga berharap, program-program hasil kerjasama dengan perusahaan yang berada di sekitar Desa Mlirip bisa berimbas positif terhadap masyarakat. “Harapan kami, program semacam ini bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat kami,” harapnya.

Direktur Ajinomoto Mojokerto, Yudho Kusbandrio  menyampaikan, program sharing value ini merupakan program dari perusahaan pusat. Program itu tentu harus diikuti oleh perusahaan-perusahaan di daerah.

“Tentunya kami ingin membangun masyarakat di sekitar perusahaan kami turut sejahtera, sharing value ini merupakan perubahan dari CSR, yang dikembangkan menjadi gerakan sharing value ini,” jelasnya.

Usai menyerahkan secara simbolis gerobak mie bakso dan mie ayam bakso, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan apresiasi kepada Desa Mlirip dan Ajinomoto karena telah turut membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat, yakni pengangguran.

“Ini adalah program dan ide yang sangat luar biasa, jadi para penerima gerobak ini tidak hanya mendapat gerobak saja, tetapi juga mendapatkan pelatihan. Sehingga setelah diserah terimakan, gerobak ini bisa langsung difungsikan, karena penerimanya sudah mendapat pelatihan skill untuk berjualan mie bakso dan mie ayam bakso,” tuturnya.

Bupati Ikfina pun sepakat, dengan adanya gerakan sharing value dari Ajinomoto ini kedepan manfaatnya mampu merambah ke masyarakat yang lain. Sehingga masyarakat yang lain pun nanti bisa merasakan manfaatnya.

“Ini adalah bagian untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran imbas pandemi dan transformasi digital,” kata Ikfina.

Turut hadir dalam kegiatan Launching Small Entrepreneurship Desa Mlirip kali ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto, M Iwan Abdillah, Camat Jetis, jajaran kepala desa di wilayah Kecamatan Jetis, serta pejabat dari PT Ajinomoto. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini