Bawaslu Kabupaten Mojokerto dan Anggota Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) menandatangani dokumen pelantikan serta pakta integritas, Senin (6/2/2023).

IM.com – Sebanyak 304 Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) se-Kabupaten Mojokerto untuk Pemilu 2024 diminta dapat menjaga integritas dan independensi. Profesionalitas tersebut akan menunjang terselenggaranya pemilu yang demokratis dan berjalan dengan lancar.

Pelantikan dan penandatanganan pakta integritas dilaksanakan di ballroom Vanda Gardenia Hotel, Kecamatan Trawas, pada Senin (6/2/2022). Acara dihadiri Ketua KPU Mojokerto Muslim Bukhori, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mojokerto Nugraha Budhi Sulistya, serta Forkopimca Trawas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fahruddin mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh PKD yang baru saja dilantik.

“Pada detik ini, anda semuanya sudah menjadi bagian dari keluarga Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Yang perlu ketahui bahwa, bapak-Ibu ini adalah orang-orang yang paling terbaik,” jelasnya.

Aris juga mengharapkan, seluruh PKD dapat menjaga integritas, Independensi, dan netralitas dalam mengemban amanahnya, karena seluruh PKD sudah bersumpah atas nama Tuhan YME.

“Sumpah tersebut adalah sumpah atas nama Tuhan, maka kami sangat yakin bahwa bukan murni dan semata-mata pertanggungjawaban di dunia saja, melainkan ketika nanti kelak di akhirat juga pasti akan dimintai pertanggungjawaban,” tandasnya.

Sementara Bupati Ikfina dalam sambutannya mengatakan, Anggota PKD yang bekerja dengan penuh integritas, independensi, dan profesionalitas akan membuat pemilu lebih baik dan demokratis. Pemimpin dan pejabat dewan yang terpilih dari hasil pemilu yag demikian, lanjutnya, lebih berdedikasi, berintegritas, serta benar-benar memikirkan rakyat.

“Saya minta tolong atas nama masyarakat Kabupaten Mojokerto, bahwa pekerjaan pengawasan pemilu yang akan anda lakukan bukanlah sekedar hadir sebagai pengawas, tetapi masyarakat ini betul-betul menaruh harapan besar kepada anda semuanya, bagaimana anda melakukan fungsi pengawasan sehingga pesta demokrasi berjalan dengan baik,” ucap Ikfina.

Bupati Ikfina juga mengatakan, dengan menegakkan integritas, independensi, dan profesionalitas dalam bekerja sebagai PKD. Maka kedepannya orang yang terpilih dalam Pemilu atau Pilkada akan memiliki dedikasi, integritas, serta benar-benar memikirkan rakyat.

“Ini tidak menutup kemungkinan ingin menang, kalau orang ingin menang maka akan menghalalkan segala cara, maka artinya nanti kalau dia sudah jadi, ya sudah tidak ada lagi hati nurani. Karena kalau menang dengan segala cara, maka tidak ada kepedulian untuk memikirkan rakyat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ikfina meminta, seluruh PKD dapat bekerja sesuai aturan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Agar kedepannya pesta demokrasi yang diprakarsai oleh KPU dan Bawaslu bisa berjalan lancar serta dapat menciptakan stabilitas dan kondusifitas di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Maka anda harus paham, tidak hanya paham apa yang menjadi tugas anda semuanya dan kewenangan anda semuanya menurut perundangan-undangan, tetapi anda semua juga harus tahu yang harus diawasi siapa saja, sehingga pengawas ini bisa berjalan dengan baik,” bebernya.

Ia juga berpesan kepada seluruh PKD yang baru saja dilantik agar selalu menjaga amanah tugas tersebut, agar kedepannya negara Indonesia memiliki pemimpin yang peduli kepada masyarakat.

“Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, dan Negara Indonesia betul-betul menaruh harapan yang sangat tinggi dalam pengawasan panjenengan, agar pesta demokrasi Pemilu bisa terselenggara dengan baik dan negara ini akan mendapatkan pemimpin-pemimpin yang betul-betul peduli memikirkan masyarakat dan bisa membawa kemajuan untuk kita semuanya,” harapnya.

Daftar calon Anggota Panwaslu Kelurahan Desa terpilih untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Mojokerto bisa diakses melalui link barcode pada gambar ini.

Daftar Anggota Panwaslu Kelurahan Desa terpilih untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Mojokerto bisa diakses melalui link pada gambar ini.Pelantikan juga turut dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Ketua KPU Mojokerto Muslim Bukhori, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Nugraha Budhi Sulistya, serta Forkopimca Trawas. Sebanyak 304 PKD yang terpilih ditetapkan dalam rapat pleno Bawaslu dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), sehari sebelumnya.

“Panwaslu Kecamatan mengumumkan siapa saja PKD terpilih dan pelantikan pengambilan sumpah janji dilaksanakan di Hotel Vanda Trawas, besok,” kata Anggota Bawaslu Divisi SDM, Wabarozalia Ritonga, Minggu (5/2/2023).

Calon PKD terpilih ditetapkan usai melewati serangkaian seleksi hingga akhir. Mulai dari tahapan seleksi mulai penelitian administrasi berkas calon, tes tertulis sampai wawancara.

“Harapannya, dengan terbentuknya PKD ini dapat membantun kerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan. Agenda kerja paling dekat adalah tugas pengawasan  Pantarlih  yakni melakukan pencocokan atau coklit dalam pemutakhiran data pemilih,” jelasnya.

Rekrutmen anggota PKD mengacu SK Ketua Bawaslu RI No. 5/KP.01/K1/01/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan Desa pada Pemilu Serentak 2024. Bawaslu Kabupaten Mojokerto membuka pendaftaran dan penerimaan berkas Calon pada 14-19 Januari 2023.

“Jumlah pendaftar anggota calon PKD ada 904, terdiri dari 475 laki-laki dan 429 perempuan. Masa pendaftaran sempat diperpanjang karena jumlah pendaftar perempuan di beberapa desa belum memenuhi kuota 30 persen,” ujar Wabarozalia. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini