Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah mempraktikkan sistem pemantauan harga dan ketersediaan barang di pasar secara digital di depan Bupati Ikfina Fahmawati dalam Bimtek Petugas Admin Sinergi Info Harga Barang, Kamis (9/2/2023).

IM.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto memberikan pelatihan kepada administrator sinergi smart info harga barang kebutuhan di pasar. Setiap petugas dibekali ponsel pintar (smartphone) dan diterjunkan ke seluruh pasar tradisional untuk memantau pergerakan harga.

Sedikitnya 20 petugas yang mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) adalah admin marketplace milik Dinas Perindustrian Perdagangan Kabuaten Mojokerto. Mereka digembleng tentang prosedur dan sistem pemantauan fluktuasi harga dan ketersediaan barang di pasar sebelum diterjunkan ke lapangan

Terdapat 20 pasar representatif yang siap dipantau melalui ponsel pintar itu yakni Pasar Raya Mojosari, Pasar Niaga Mojosari, Pasar Dinoyo, Pasar Pugeran, Pasar Kedung maling, Pasar Kutorejo, Pasar Bagusan, Pasar Sumbertebu Bangsal, Pasar Canggu, Pasar Dlanggu, Pasar Gempolkerep,  Pasar Sedati Ngoro, Pasar Pacet, Pasar Perning, Pasar Pohjejer, Pasar Kesiman, Pasar Kemlagi, Pasar Tangunan, Pasar Randegan, dan Pasar Pandan Arum.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya Pemkab Mojokerto menekan inflasi. Ia menjelaskan bahwa sebelumnya presiden Jokowi juga mengingatkan untuk melakukan pengendalian inflasi di masing-masing daerah.

“Kita semuanya siaga satu untuk masalah inflasi ini menjadi hal yang sangat luar biasa. Kalau kita merasakan pada saat tahun 2022 ada beberapa yang naik, bayangkan kalau penduduk di Argentina dan Turki. Jadi memang saat ini presiden sangat betul memperhatikan terkait inflasi,” ucap Ikfina di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), pada Kamis, (9/2/2023) siang.

Untuk menunjang tugas para admin ini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan secara simbolis ponsel pintar kepada tiga admin sinergi smart untuk mendukung pekerjaannya.
Bimtek kali ini juga turut mengundang narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mojokerto Arif, Wakil Pimpinan Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan Airina Faiza, serta juga turut dihadiri kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah dan Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo.

Ikfina mengaku bersyukur dengan adanya aplikasi Sinergi Smart Info Harga ini, menurutnya hal itu bisa membantu dan mempermudah melakukan pengawasan dan memantau harga barang-barang yang ada di pasar.

“Karena setiap hari pergerakan harga sangat cepat sekali berubah. Kalau tidak kita pantau dan kemudian kita kendalikan bisa bahaya untuk stabilitas negara,” pungkasnya.

Pada momen itu, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga melaunching aplikasi Sinergi Smart TV.  (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini