Bupati Ikfina Fahmawati memberikan arahan dalam kegiatan pembinaan guru PAUD di Pendopo Bumi Sholawat Griya Wira Praja, Pemkab Mojokerto, Jumat (14/4/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melakukan pembinaan kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau pendidik usia dini di Pendopo Bumi Sholawat Griya Wira Praja, Pemkab Mojokerto, Jumat (14/4/2023). Program ini dalam rangka meningkatkan mutu PAUD di Kabupaten Mojokerto

Sebanyak 40 peserta meliputi IGTKI, IGRA, HIMPAUDI, HP3 lingkup Kabupaten Mojokerto mengikuti pembinaan guru PAUD. Kegiatan turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Mojokerto Lutfi Ariyono, serta PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengatakan, Kabupaten Mojokerto fokus pada PAUD HI yang ke depannya akan menyusun kurikulum terkait materi parenting untuk usia di bawah satu tahun hingga tiga tahun. Hal ini dilakukan agar proses parenting di Kabupaten Mojokerto bisa berjalan dengan selaras.

“Nanti kita memantau pertumbuhan dan perkembangan dengan parenting, ini nanti kita akan ukur untuk mengetahui masalahnya, dan nanti ada poin-poin yang menjadi highlight yang harus diperhatikan dalam kurikulum parenting di Mojokerto,” bebernya.

Ia berpesan agar program yang sudah berjalan seperti aplikasi e-Stunting dan aplikasi Si Penting untuk mendukung penurunan stunting agar dapat berjalan lebih optimal. Ia juga membuka sesi tanya jawab terhadap para peserta kelompok pendidik anak paud.

“Kalau ada lembaga yang belum mendapatkan pelatihan terkait dengan pengukuran panjang badan, berat badan dan visus mata semua harus tuntas, nanti saya akan sampling dan berkeliling,” ungkapnya.

Bupati Ikfina menilai, sebagai pendidik anak usia dini tidak boleh biasa-biasa saja, akan tetapi harus memiliki berbagai skill untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.

“Sehingga anak-anak yang diasuh ini akan berada ditangan yang tepat,” ujarnya.

Di Sisi yang lain, Bupati Ikfina mengatakan, dalam pelaksanaan pembinaan ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto ingin meningkatkan jaminan mutu pendidikan anak usia dini di Kabupaten Mojokerto.

“Jadi sebetulnya ini juga untuk menjamin keselamatan dan pemenuhan kebutuhan anak-anak,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here