Bupati Ikifna Fahmawati bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkab Mojokerto, Kamis (1/6/2023) pagi.

IM.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto Menggelar Upacara Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 di halaman Pemkab Mojokerto, Kamis (1/6/2023) pagi. Bupati Ikfina Fahmawati yang bertindak sebagai inspektur upacara menekankan Pancasila sebagai ‘bintang penuntun’ (Leitstar) untuk memandu kehidupan berbangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Bupati Ikfina menyampaikan, Pancasila mengandung nilai-nilai dan falsafah harus dijadikan menjadi pandangan hidup, dasar, ideologi, serta kekuatan pemersatu bangsa. Prinsip ini sebagaimana amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman. Sekaligus sebagai ‘bintang penuntun’ (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya.

Hal ini disampaikan Bupati Ikfina dalam pidato upacara peringatan hari lahir Pancasila yang bertajuk ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’. Ia menjelaskan, Hari Lahir Pancasila memiliki makna sebagai pegangan bernegara bagi rakyat dan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktekkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” bebernya.

Selain itu, Bupati Ikfina juga mengungkapkan, dengan adanya para pendiri negara (the founding fathers) yang telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia dan kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila. maka perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” ujarnya.

Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, Bupati Ikfina juga mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global serta berkomitmen untuk menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari sabang sampai merauke, mulai dari miangas hingga pulau rote. terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan indonesia yang akan membangun peradaban ke depan,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur pancasila yang dapat dinikmati hingga saat ini. Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan tahun-tahun yang akan datang,” harapnya.

Turut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al-Barra, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi, Ketua Pengadilan Agama Mojokerto Amanudin. Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah dan Direktur BUMD dan Camat se-Kabupaten Mojokerto.

Setelah melaksanakan upacara, Bupati Ikfina, wakil Bupati Muhammad Al-Barra dan jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto juga mengikuti video conference (vidcon) upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Monas. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini