Bupati Ikfina Fahmawati memberikan arahan di depan para orang tua/wali murid kelas XII dalam agenda parenting education yang diadakan SMP Negeri 1 Gondang, Rabu (21/6/2023).

IM.com – Masa remaja adalah saat krusial dan rentan bagi perkembangan pribadi anak menuju dewasa, terlebih di era digitalisasi. Oleh karena itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meminta pihak sekolah senantiasa berkolaborasi dengan para orang tua untuk menerapkan pola asuh dan pendidikan yang tepat bagi mereka.

Bupati Ikfina berpesan, para orang tua wajib mendukung anak-anak untuk terus menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini disampaikan di hadapan wali murid kelas VII SMP Negeri 1 Gondang dalam agenda parenting education yang diadakan pihak sekolah, Rabu (21/6/2023).

“Tolong para orang tua memberikan support, agar anak-anak kita tidak berhenti sekolah di tingkat SMP saja. Ini tentunya untuk menyiapkan SDM dengan daya saing tinggi menuju Indonesia Emas 2045 mendatang,” katanya.

Untuk itu, Bupati Ikfina meminta agar para orang tua tidak menyerahkan urusan pendidikan sepenuhnya kepada guru-guru di sekolah, tetapi oran tua juga harus turut ambil peran dalam pendidikan karakter anak. “Tidak bisa diserahkan sepenuhnya ke sekolah, karena waktu anak-anak lebih banyak bersama orang tua, jadi harus kolaborasi,” imbuhnya.

Bupati Ikfina menjelaskan, masa remaja ini adalah masa anak-anak mencari identitas, oleh karena itu, pihaknya meminta agar orang tua turut mendampingi anak-anak dan memastikan agar anak-anak berada di lingkungan yang tepat.

“Faktor lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Kita harus menjaga anak-anak kita agar berada di lingkungan yang tepat. Agar anak-anak mendapatkan identitas yang tepat,” tuturnya.

Dengan penerapan pola asuh remaja yang baik dan benar, Bupati Ikfina berharap, generasi muda Kabupaten Mojokerto memiliki daya saing dan daya juang yang layak untuk bersaing di dunia kerja yang akan datang. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini