Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meninjau langsung pelaksanaan baktia sosial pelayanan KB di RSI Sakinah, Sooko, Sabtu (24/6/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meninjau kegiatan bakti sosial (baksos) pelayanan program keluarga berencana KB di Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah, Kecamatan Sooko, Sabtu (24/6/2023). Baksos ini menyasar pasangan usia subur (PUS) terlalu tua yang berisiko melahirkan bayi stunting.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemasangan kontrasepsi jangka panjang atau disebut dengan metode operasi wanita (MOW) atau kontrasepsi mantap. Metode ini merupakan salah satu jenis kontrasepsi permanen bagi perempuan dan metode operasi pria (MOP) yaitu jenis kontrasepsi permanen bagi laki-laki.

Bupati Ikfina juga meninjau langsung pelayanan KB dan menyapa langsung akseptor KB yang berada di RSI Sakinah untuk memastikan bahwa pelaksanaan bakti sosial pelayanan KB berjalan dengan lancar. Ia menjelaskan, bahwa dalam pemasangan kontrasepsi jangka panjang tersebut dilakukan dengan anestesi lokal, sehingga para akseptor KB tetap sadar dan tidak merasakan sakit.

“Tidak sakit karena dibius dan biusnya kurang lebih 30 menit,” ujarnya dalam kegiatan baksos KB memperingati Hari Keluarga Nasional ke-30.

Selain itu, pelaksanaan baksos yang diinisiasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2), diikuti sedikitnya 190 PUS yang melakukan KB MOW dan 3 PUS yang mengikuti KB MOW.

Melalui kegiatan baksos pelayanan KB ini diharapkan dapat menekan angka PUS terlalu tua yang tidak ber-KB dan menekan angka kelahiran bayi stunting untuk menuju Indonesia maju. Agenda ini turut dihadiri kepala DP2KBP2 Sugeng Nuryadi dan Forkopimca Sooko.(im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini