Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) diterima langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

IM.com – Setelah empat tahun berturut-turut menyandang predikat Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya, tahun ini Kota Mojokerto berhasil naik tingkat ke kategori Nindya. Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) diterima langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Penghargaan diserahkan pada Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Hotel Padma, Semarang, Sabtu (22/7/2023). Peningkatkan tingkat dari kategori Madya ke Nindya karena beberapa indikator KLA Kota Mojokerto mengalami kenaikan.

“Dan kenaikan indikator itu yang utama pada hak-hak anak terkait pendidikan. Program 5 gratis itu kan kita konsisten, ruang bermain ramah anak juga kita perbanyak,” ungkap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Program 5 gratis bidang pendidikan tersebut meliputi seragam, tas, sepatu sekolah. Kemudian, buku dan angkutan sekolah gratis bagi siswa jenjang SD, SMP.

“Terima kasih atas sinergi dan kolaborasi seluruh tim gugus tugas KLA, baik dari unsur OPD, media massa hingga dunia usaha. Sehingga predikat KLA Kota Mojokerto naik dari kategori Madya menjadi Nindya,” imbuhnya.

Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kota Mojokerto, Agung Moeljono mengatakan akan terus mendorong dan memotivasi unsur terkait untuk bagaimana pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak dapat terlaksana dengan baik, sehingga kedepan capaian KLA Kota Mojokerto akan terus meningkat.

“Penguatan peran masing-masing tim gugus tugas terus kita lakukan, agar pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak ini bisa terlaksana dengan baik, dan capaian KLA kita terus meningkat,” ujarnya.

Berbagai upaya dilakukan Pemkot Mojokerto untuk meningkatkan capaian KLA, salah satunya dengan membentuk UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak.

“Kita juga akan terus memperkuat koordinasi tim gugus tugas, membuat Rencana Aksi Daerah untuk percepatan KLA, serta penguatan Forum Anak,” Imbuh Kepala Dinsospppa Kota Mojokerto Choirul Anwar. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here