Ali Zubaidi saat menunjukkan lobster hasil budidayanya. Senin (19/2/2024)./Karimatul Maslahah/

IM.com – Berwarna biru yang cerah disertai bentuk tubuh yang terlihat kekar dan anggun menjadikan lobster air tawar menarik dipelihara.

Penampilannya yang cantik, sebagian orang menjadikan lobster sebagai hiasan di akuarium, tak sedikit pula yang membudidaya lobster untuk dikonsumsi lantaran manfaat dan rasa gurih yang tidak jauh berbeda dengan lobster air laut.

Ditemui di rumahnya, Pembudidaya Lobster Ali Zubaidi, menjelaskan, tingginya rasa ingin tahu dan kegigihannya untuk terus belajar, membuatnya berhasil membangun budidaya lobster sejak dua tahun lalu.

Di halaman belakang rumahnya, Ali mulai membangun beberapa kolam pembiakan lobster. Di sampingnya, terdapat belasan bak tempat induk lobster mengerami telur-telur calon burayak (bibit lobster).

Sirkulasi air dan sistem pembersihan kolam diaturnya sedemikian rupa sehingga membuat lobster-lobsternya nyaman dan bisa beradaptasi. Begitu pula dengan suhu ruangan yang dijaga ketat menggunakan atap supaya cahaya matahari tak banyak masuk ke rumah budidaya rancangannya.

Ali bercerita, jauh sebelum mencoba berkonsentrasi pada pembenihan, dirinya memulai usahanya dengan menjual lobster sebagai lobster konsumsi.

1
2
3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini