Pj Bupati Jombang Sugiat (kanan), Ketua DPRD Masud Zuremi dan Ketua TP PKK, Yayuk Dwi Irawati (kiri) melihat produk UMKM saat peresmian gedung Dekranasda Jombang, Kamis (4/4/2024)./Karimatul Maslahah/
Pj Bupati Jombang Sugiat (kanan), Ketua DPRD Masud Zuremi dan Ketua TP PKK, Yayuk Dwi Irawati (kiri) melihat produk UMKM saat peresmian gedung Dekranasda Jombang, Kamis (4/4/2024)./Karimatul Maslahah/

IM.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Jombang yang berada di Jalan Wahid Hasyim menjadi tempat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memasarkan produk-produk lokal.

Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Yayuk Dwi Irawanti mengatakan terdapat 80 UMKM yang telah terdaftar di Dekranasda Jombang.

“Total semua ada 80 an UMKM, kalau hari ini ada 56 produk yang sudah masuk,” jelas dia usai meresmikan gedung baru Dekranasda Kabupaten Jombang, Kamis (4/4/2024).

Bukan hanya produk makanan dan minuman (Mamin), Dekranasda Jombang juga menawarkan berbagai kerajinan yang dirakit sendiri oleh para pelaku UMKM.

“Ada sebagian produk mamin yang kita jadikan sebuah pelengkap, ini juga kita manfaatkan semoga UMKM di Jombang bisa memanfaatkan tempat ini,” kata Yayuk.

Sementara Pj Bupati Jombang, Sugiat menyampaikan dengan dibukanya Dekranasda, merupakan salah satu upaya Pemkab Jombang untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrim.

“Ekonomi kreatif harus kita dorong untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrim,” jelasnya.

Sebab, lanjut Sugiat, Ekonomi kreatif bisa membuat para pelaku tidak bergantung satu sama lain.

“Meningkatkan ekonomi kreatif bisa kita intervensi agar membuat ibu-ibu rumah tangga tidak menggantungkan penghasilan suami,” kata dia.

Ia pun berjanji, suatu saat akan membangun gedung Dekranasda yang lebih besar dan strategis.

“Ini kan gedung bekas apotik yang merupakan aset Pemda, nanti kita rencanakan untuk membangun yang lebih besar sehingga produk di Jombang khususnya kerajinan-kerajinan ini bisa di kenal dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini