Pemerintah Daerah sebelumnya sudah mengajukan usulan pembangunan jalan layang flyover pada pemerintah pusat, maka akan diusulkan kembali pada tahun ini

IM.com – Perlintasan Kereta Api (KA) di Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjadi salah satu penyebab kemacetan jalur arteri saat mudik lebaran 2024.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Nur Arifin mengatakan perlintasan KA di Bandar Kedungmulyo menjadi titik kemacetan yang relatif parah di Kota Santri.

Dihari ketiga lebaran 2024, kemacetan masih didominasi kendaraan pemudik lokal dari arah Surabaya menuju ke Kediri atau Nganjuk.

Kemacetan yang terjadi di jalur arteri Bandar Kedungmulyo Jombang di hari ketiga lebaran, mencapai 3 kilometer disebabkan faktor adanya perlintasan rel KA dan penyempitan jembatan Gondang Manis.

Hal itu, membuat polisi bekerja lebih ekstra hingga melakukan buka tutup jalan sebanyak dua kali hingga pukul 12.00 WIB.

“Tadi sempat kita lakukan buka tutup dua kali di Mengkreng, Alhamdulillah kondisi sekarang kendaraan sudah bisa mengalir,” kata dia, Jumat (12/4/2024).

Arifin memaparkan, KA yang melintasi rel Bandarkedungmulyo tercatat ada sebanyak 54 kali. Setiap ada kereta melintas, akan terjadi penutupan jalan pada perlintasan.

“Perlu kita ketahui, 1×24 jam ada 54 kali kereta melintas di KA Bandar Kedungmulyo, kita juga mendapatkan informasi bahwa akan ada KA tambahan sehingga total 55 KA melintas,” kata dia.

Arifin menjelaskan, rata-rata lama penutupan palang kereta terjadi sekitar tiga menit hingga 6 menit. Sementara,

“Jika kita rata-ratakan, per 26 menit KA melakukan aktifitas buka tutup pintu, tentu membuat kendaraan terhenti sehingga terjadi kemacetan,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Arifin, aktifitas kendaraan mulai bergerak dan di kategorikan ramai lancar. “Alhamdulillah hari ini bisa di kategorikan masih ramai lancar, roda masih berputar,” katanya. (ima)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini