Ning Ita menyerahkan zakat mal dari baznas kepada penerima manfaat.


IM.com – Kewajiban membayar zakat merupakan salah satu cara bagi umat Islam untuk saling berbagi kebahagiaan kepada sesama. Secara khusus, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahannya menyalurkan zakatnya melalui KORPRI.

Ajakan ini disampaikan walikota yang akrab disapa Ning Ita pada upacara Pembagian Zakat Fitrah KORPRI Kota Mojokerto serta pentasarufan zakat fitrah dan peringatan hari zakat nasional, di pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Kamis (28/4/2022). Dalam forum tersebut, pihaknya sangat mengapresiasi para ASN yang telah membayarkan zakat fitrahnya melalui KORPRI.

“Mungkin banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa memenuhi kebutuhan seperti yang bisa kita lakukan. Maka sudah seharusnya, kita yang berlebih ini untuk bisa berbagi kepada mereka yang kekurangan,” ungkap Ning Ita.

Zakat fitrah yang kemudian dikumpulkan kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Mojokerto untuk disalurkan kepada kalangan yang berhak menerima zakat. Sejumlah terget penyaluran zakat BAZNAS Kota Mojokerto tahun ini di antaranya fakir miskin, pegawai non-ASN, anak yatim, lansia, kader motivator, TAGANA, dan sebagainya.

“Membayar zakat ini juga salah satu upaya untuk menurunkan angka kemiskinan masyarakat. Karena zakat yang kita bayarkan, utamanya zakat mal akan dibagikan kembali kepada masyarakat. Saya optimis, apabila kita sama-sama memiliki kesadaran dan saling bersinergi, maka angka kemiskinan bisa diturunkan.” Ujar Wali Kota.

Tidak bisa dipungkiri, sejumlah program untuk membantu warga Kota Mojokerto memang terlaksana berkat dana yang dihimpun oleh BAZNAS. Misalnya terdapat beasiswa pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa, bantuan permodalan usaha, dan bantuan bagi dhuafa, anak yatim, dan lansia yang rutin disalurkan.

Kemudian, pesan ajakan membayar zakat juga ditunjukkan oleh Wali Kota dengan menunaikan zakat mal-nya secara langsung pada forum tersebut. Didampingi sekretaris daerah dan sejumlah kepala OPD, sosok yang akrab disapa Ning Ita ini menuju meja BAZNAS untuk menyerahkan sebagian hartanya kepada BAZNAS kota Mojokerto. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini