- Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya KIP JBMB Sipadam singgah di Mojokerto. Panji-panji logo Provinsi Jawa Timur diterima Bupati Ikfina Fahmawati dalam upacara penerimaan Pataka di halaman Pendapa Graha Maja Tama, Pemkab Mojokerto Selasa (24/09/2024) sore.

IM.com – Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya KIP JBMB Sipadam singgah di Mojokerto. Panji-panji logo Provinsi Jawa Timur diterima Bupati Ikfina Fahmawati dalam upacara penerimaan Pataka di halaman Pendapa Graha Maja Tama, Pemkab Mojokerto Selasa (24/09/2024) sore.

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya merupakan rangkaian agenda Hari Jadi ke-79 Jawa Timur tiba di Pendopo Pemkab disambut kesenian tradisional tari Bedoyo Putri Majapahit dari SMAN 1 Bangsal. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Forkopimda dan jajaran kepala OPD Pemkab hadir dalam upacara penyambutan.


Pelepasan kirab Pataka oleh Bupati Ikfina beserta Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Upacara serah terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya diawali penyerahan pataka dari Ketua Kontingen Satpol PP Kota Mojokerto kepada Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. Selanjutnya Pataka tersebut diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Eddy Taufiq, untuk selanjutnya dibawa ke Kabupaten Sidoarjo.

Upacara penerimaan Pataka dipimpin Komandan Upacara Mahendra Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kabupaten Mojokerto dengan melibatkan personil Satpol PP Kabupaten dan Kota Mojokerto, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan BPBD. Sedangkan Inspektur Upacara Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Upacara serah terima pataka diakhiri pembacaan Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis di atas daun lontar) oleh Bupati Ikfina yang berisi amanat singkat Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Dalam Ripta Prasasti itu dijelaskan, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengajak seluruh pimpinan kepala daerah untuk senantiasa menjaga konsistensi dalam sinergitas dan kolaborasi dalam membangun kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim.

“Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI adalah harga mati yang harus di jaga dan dilindungi dengan segenap jiwa dan raga, sinergitas, kolaborasi, dan kerjasama adalah kunci keberhasilan pembangunan menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Optimis Jatim bangkit, majulah Jawa Timur, majulah Indonesia. Dirgahayu provinsi Jawa Timur,” ucap Bupati Ikfina saat membacakan Ripta Prasasti.

Usai melaksanakan upacara penerimaan, acara dilanjut pelepasan kirab Pataka oleh Bupati Ikfina beserta Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Pataka terdiri dari Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja – Praja Wibawa, Pataka Perlindungan Masyarakat–Linmas, Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan–Yudha Brama Jaya dan Bendera Logo Hari Jadi ke 79 Provinsi Jawa Timur. Pataka dikirab secara estafet di 38 Kabupaten/Kota seluruh Jatim. (uyo)

41

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini