wisuda Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Kelurahan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (16/10/2024).
wisuda Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Kelurahan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (16/10/2024).


IM.com – Sebanyak 31 lansia mengikuti wisuda Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Kelurahan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (16/10/2024).

Lurah Prajurit Kulon, Muhamad Nurhadi mengatakan, Prgram Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) yang mana bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto di bidang Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) yang bertujuan mewadahi para lansia di Kelurahan Prajurit Kulon agar lebih aktif, produktif dan juga sehat.

“Jadi selama 3 bulan ini para lansia yang wisudah saat ini itu di bekali dengan materi-materi polah hidup, tentang kesehatan, dan juga tata cara berkehidupan di masyarakat,” kata Nurhadi.

Nurhadi menjelaskan, di Kelurahan Prajurit Kulon ada 31 peserta lansia tersebut lulus semuanya dengan usia 60 tahun keatas.

“Untuk lansia yang lulus wisuda tadi lansia perempuan ada 28, dan lansia laki-laki ada 3. Dalam 3 bulan sebelumnya 31 peserta memang mendapatkan pembekalan dari Dinas Kesehatan di bidang Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) sebnayak 12 kali. Dan hari ini terakhir mereka bisa dinyatakan lulus dan wisuda,” jelasnya.

Nurhadi berharap, wisuda Selantang yang sudah lulus di tahun ini bisa mengajak lansia-lansia lainnya, untuk mengikuti Selantang tahun 2025.

“Ilmu yang sudah didapat di Selantang oleh lansia yang sudah lulus wisuda saat ini bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari dan juga di lingkungan,” harap Nurhadi memungkasi.

Sementara itu, Tumini (65) peserta Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) warga Prajurit Kulon Kota Mojokerto mengatakan, dalam pembekalan Selantang di ajarkan tengang gizi, tentang olahraga, dan makan harus teratur, istirahat cukup, dan harus percaya diri.

“Kan kita lansia harus smart, sehat, semangat, dan mandiri. Jadi saya mengikuti Selantang ini,” jelasnya.

Tumini juga mengatakan, dalam setiap kegiatan Selantang dirinya sangat senang sekali dikarenakan bisa bertemu teman-temannya yang sama-sama lansia dan juga banyak mendapatkan ilmu dari pembelajaran sekolah lansia tangguh.

“Sangat senang sekali bisa berkumpul dengan teman-teman lansia lainnya, selain itu ilmu yang kita dapatkan di sekolah lansia tangguh ini sangat bermanfaat sekali dalam kehidupan lansia seperti saya,” pungkas Tumini.(rix/sar) 

 

25

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini