Walikota Mojokerto Mas'ud Yunus sangat geram mengetahui banyaknya PNS yang bolos kerja usai liburan panjang tahun baru

IM.com – Hari pertama masuk kerja di awal tahun 2017 di lingkungan Pemkot Kota Mojokerto membuat Walikota Mas’ud Yunus kesal. Ia sangat geram melihat data banyaknya jumlah pegawai yang bolos tanpa alasan usai libur bersama tahun baru.

Data absensi pegawai secara online di Pemkot Mojokerto mulai diberlakukan Selasa 03 Januari ini tercatat 1.122 pegawai tidak masuk kerja tanpa alasan. Sedangkan 268 lainnya terlambat datang. Data riil itu diketahui Mas’ud Yunus saat mengecek absensi pegawai melalui monitor di ruang kerjanya sekitar pukul 12.00 WIB, Selasa (3/1/2017).

Padahal menurut Walikota, hari pertama kerja usai cuti bersama merupakan hari pertama penerapan absensi pegawai dengan sistem online. Dengan diberlakukan absensi online diharapkan bisa meningkatkan kualitas disiplin para aparatur sipil negara.

Faktanya, harapan walikota belum mendapat sambutan positif. “Jumlah pegawai keseluruhan 3.266 orang, hari ini yang bolos 1.122 orang, yang terlambat 268 orang,” kata Mas’ud membacakan data absensi PNS.


“Sudah digaji negara kok malah ribuan yang bolos. Nanti kami cek di SKPD mana saja yang bolos itu, akan kami tindak sesuai ketentuan PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS,” tegasnya.

Mas’ud, menyebut tingkat kedisiplinan PNS di lingkungan Pemkot Mojokerto hari pertama kerja sangat buruk. Selama tri semester akhir 2016, menurut dia, dari 3.266 PNS yang ada, yang bolos hanya 10%. “Memang setiap usai libur panjang selalu begini (banyak PNS bolos). Dengan absensi online bisa terlihat semua,” ujarnya. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here