Usai upacara pembukaan TMMD Imbangan Kodim 0815 di Lapangan Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong, Wabub didampingi Dandim dan Kapolres Mojokerto melihat proses pengecoran untuk perbaikan jalan lingkungan

IM.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke 98 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto dilaksanakan di Desa Pucuk, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Upacara pembukaan di Lapangan Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong dibuka Wakil Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, SH, Rabu (05/04) pagi.

Wakil Bupati, Pungkasiadi yang menjadi Irup upacara pembukaan TMMD mengatakan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat menjadi kunci penentu keberhasilan dan kelancaran program TMMD.

“Ini sesuai dengan tema TMMD Imbangan tahun 2017 yakni “ Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”, ucap wakil bupati.

Sementara secara rinci, ada lima kegiatan fisik yang bakal dilakukan dalam program TMMD 2017. Antara lain, program peningkatan jalan lingkungan Desa Pucuk, pemavingan SDN Pucuk I, pembuatan jamban, renovasi sekolah, dan pengembangan POK ternak kambing.


Sedangkan beberapa kegiatan non fisik diantaranya wawasan kebangsaan, Perilaku Hidup Bersih (PHBS) Rumah Tangga, pemungutan PBB-P2 dan pelayanan pajak daerah, pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, sosialisasi pencegahan KDRT, budidaya kambing dan domba, dan beberapa program kegiatan lain yang akan didampingi instansi terkait.

Proses perencanaan TMMD Imbangan ke-98 tahun 2017 disusun menggunakan sistem ‘bottom up planning’ yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat. Program TMMD ini ditujukan pembangunan fisik (perbaikan jalan, pavingisasi, rehab musholla, pembuatan jamban keluarga dan penghijauan) serta non fisik (pemberdayaan masyarakat untuk mendongkrak potensi daerah).

Dalam acara ini, wakil bupati menyerahkan secara simbolis alat kerja dan bibit tanaman, kepada perwakilan anggota Kodim 0815 dan Linmas Desa Pucuk dan penandatanganan naskah penyerahan kegiatan TMMD oleh Wakil Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, SH kepada Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji. Dan dilanjutkan mengunjungi pasar murah dan bakti sosial pengobatan masal dan donor darah Kodim 0815/Mojokerto.

Pembukaan TMMD ini dihadiri sekitar 750 orang diantaranya Danrem 082/CPYJ diwakili Kasi Pers Rem 082/CPYJ Letkol Caj Drs. Sutedjo, Sekda Kabupaten Mojokerto Ir. Herry Suwito, MM, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Puji Hendro Wibowo SIK, Kapolres Mojokerto AKBP Rachmat Ihwan Nusi SIK, Kejari Kabupaten Mojokerto Lubis SH serta unsur TNI dan Forpimda lainnya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here