Polisi memberi permen ke sopir truk diharapkan bisa membuat tidak ngantuk

Puncak arus balik libur panjang akhir pekan (long weekend) di By Pass Mojokerto diprediksi akan terjadi malam nanti, Senin (24/4/2017). Selain mengatur arus lalu lintas, polisi juga membagikan permen dan minuman kopi ke para pengguna jalan untuk mencegah kecelakaan.

Bagi-bagi permen dan minuman kopi itu dilakukan petugas gabungan Sat Lantas Polres Kota dan Kabupaten Mojokerto di simpang 5 Kenanten By Pass Mojokerto. Di tengah padatnya arus balik, polisi menghampiri para pengemudi memberikan sebungkus permen.

“Kami antisipasi pengendara ngantuk yang berpotensi pada kecelakaan. Karena kecelakaan yang terjadi akibat human error, kebanyakan karena capek sehingga konsentrasi berkurang,” kata Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Wikha Ardilestanto di lokasi.

Selain itu, lanjut Wikha, imbauan agar tak memaksakan diri berkendara dalam kondisi mengantuk juga disampaikan petugas kepada para pengemudi. “Kalau hanya imbauan, secara psikis kurang masuk, makanya kami kasih permen dan minuman supaya mereka lebih semangat,” ujarnya.

Upaya persuasif itu, kata Wikha, dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan selama puncak arus balik libur panjang akhir pekan. Sore ini peningkatan jumlah kendaraan dari arah Jombang menuju ke Surabaya yang melalui simpang 5 Kenanten, mulai terlihat.

“Prediksi puncak arus balik mulai sore ini sampai pukul 22.00 WIB. Peningkatan arus 30% dari kondisi normal sekitar 200 kendaraan per jam,” terangnya.

Oleh sebab itu, tambah Wikha, selain personel, jalur pengalihan arus juga disiapkan. Jika kemacetan terjadi di simpang 5 Kenanten, maka kendaraan dari arah Jombang akan dialihkan ke jalur dalam kota melalui simpang tiga Jampirogo. “Nanti Polres Kota yang meneruskan ke arah Ajinomoto untuk keluar di Tjiwi,” tandasnya. (kus/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here